get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Harga Bahan Pangan di Pasar Tradisional Mentok Turun

Inflasi Babel Terendah Seluruh Indonesia, BPS Warning Daya Beli Masyarakat Loyo

Selasa, 02 Juli 2024 | 15:47 WIB
header img
BPS Babel melaporkan tingkat inflasi di Babel adalah yang terdendah di Indonesia. Meski demikian, BPS juga menyebutkan daya beli masyarakat juga ikut turun. Foto: Pedagang Cabai/ Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat Inflasi di provinsi ini pada Juni 2024 mencapai 1,08. Angka ini merupakan yang terendah seluruh Indonesia.

Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel, Toto Haryanto Silitonga  mengatakan  terlalu rendah inflasi tersebut menunjukan daya beli masyarakat lesu. 

"Bahwa bisa kita katakan harga-harga yang dikonsumsi masyarakat Babel itu mengalami penurunan, khusunya kebutuhan pokok, bahan makanan di kelompok inflasi bahan makanan itu turun, produksi jalan terus tapi tida ada yang beli itu menyebabkan pedagang menurunkan harga mereka  itu menjadi permasalahan," kata Toto, Selasa (2/7/2024).

Toto menjelaskan, pada Juni 2024 terjadi inflasi tahun ke tahun atau year on year (y-on-y) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 1,08 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 103,95. 

"Inflasi y-on-y tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terjadi di Kota Pangkal Pinang sebesar 1,78 persen dengan IHK sebesar 104,90. Sedangkan inflasi y-on-y terendah terjadi di Tanjung Pandan sebesar 0,05 persen dengan IHK sebesar 104,76," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut