get app
inews
Aa Read Next : Fasilitasi Mahasiswa, Herman Suhadi Kirim Surat Resmi ke Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Babel

Rumah Tenun di Muntok Terbengkalai, DPRD Babel Panggil Dinas Pariwisata

Senin, 07 Februari 2022 | 18:00 WIB
header img
Kondisi Rumah Tenun milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang bangunannya rusak dan terbengkalai. (Foto: Humas DPRD Babel)

Kedepan, Komisi II DPRD Babel akan memperjuangkan agar rumah tenun tersebut dapat menjadi prioritas dalam anggaran 2023 untuk dilakukan rehabilitasi, dan dapat mengembalikan ke fungsi awalnya, sehingga masyarakat dapat melakukan segala aktivitas kerajinan tenun di rumah tenun tersebut. 

"Nanti kedepan, Komisi II akan memplotkan anggaran untuk tahun 2023, kami akan memflot anggaran ini, anggaran untuk rehab, kami melihat rehab ini rehab berat yang memerlukan anggaran kurang lebih ratusan juta untuk merehab ini," ujarnya.

Tak hanya itu, selain sebagai salah satu penunjang pariwisata, menurutnya rumah tenun yang merupakan aset Provinsi tersebut, juga dapat dimanfaatkan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sehingga perkembangan ekonomi kreatif masyarakat akan semakin maju dan meningkat. 

"Nanti kami juga akan mempertahankan aset ini, nanti jangan sampai aset seperti ini diambil alih oleh pihak kabupaten atau diambil alih pihak swasta. Tetapi, mari kita data kembali seluruh aset-aset dan kita kembalikan kepada fungsi awalnya," harapnya. 

Sementara itu, Mansah anggota Komisi II DPRD Babel, mengatakan terbengkalainya Rumah Tenun milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut menjadi perhatian khusus pihaknya.

"Kami akan memanggil Dinas Pariwisata untuk melakukan rapat terkait dengan ini. Kami minta harus ada usaha perbaikan dari dinas pariwisata untuk mengusulkan perbaikan rumah tenun ini,"  ujar legislator Nasdem Dapil Bangka Barat ini.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut