get app
inews
Aa Read Next : Fasilitasi Mahasiswa, Herman Suhadi Kirim Surat Resmi ke Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Babel

Rumah Tenun di Muntok Terbengkalai, DPRD Babel Panggil Dinas Pariwisata

Senin, 07 Februari 2022 | 18:00 WIB
header img
Kondisi Rumah Tenun milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang bangunannya rusak dan terbengkalai. (Foto: Humas DPRD Babel)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyayangkan kondisi Rumah Tenun milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang bangunannya rusak dan terbengkalai.

Hal ini terlihat saat Katua Komisi II Adet Mastur, SH, MH, beserta anggota seperti Mansah, Heryawandi, Ariyanto, Warkamni, Mulyadi dan Arbiyanto dan didampingi Ulfia beserta beberapa pegawai Disbudpar Kabupaten Bangka Barat, melakukan peninjauan ke lapangan melihat kondisi bangunan Rumah Replika Tenun di Teluk Rubiah Muntok, yang merupakan aset Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Rumah Tenun tersebut, terkesan kumuh dan rusak parah, dimana plafon bangunan sudah rusak dan bocor. Tangga untuk naik ke bangunan atas juga sudah hilang, dan pintu serta dinding bangunan dipenuhi coretan, ditambah lantai bawah rusak dan satu buah wc yang berada di lantai bawah rusak tanpa pintu. 

"Setelah kami melihat, kami akan memanggil Dinas Pariwisata terhadap aset yang terbengkalai ini. Jadi kami kepengen mengembalikan ke fungsi awal nantinya sebagai rumah tenun," kata Adet Mastur, di Teluk Rubiah Muntok Kabupaten Bangka Barat, Jumat (4/2/2022). 

Politisi PDI-P ini mengharapkan, agar aset daerah tersebut harus diselamatkan supaya bisa bermanfaat dan berdampak terhadap kemajuan perkembangan pariwisata dan peningkatan perekonomian masyarakat. 

"Kika kita berbicara rumah tenun, berarti harus ada aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat di sini, jadi jangan sampai mubazir bangunan-bangunan yang sudah dibangun menggunakan anggaran APBD yang boleh dikatakan cukup besar," katanya. 


Kondisi Rumah Tenun milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang bangunannya rusak dan terbengkalai. (Foto: Humas DPRD Babel)

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut