get app
inews
Aa Read Next : Cara Meredupkan Layar Laptop

13 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Nomor 6 Banyak Dilupakan

Senin, 07 November 2022 | 17:53 WIB
header img
Cara mengatasi laptop lemot bisa dipelajari dalam artikel ini. Foto: Istimewa

10. Menambah RAM pada Laptop

Umumnya pada beberapa jenis dan merk laptop, sudah disediakan sebuah slot RAM yang bisa dimanfaatkan untuk menambah RAM sendiri. Kamu bisa menambahkan satu buah keping RAM tambahan pada laptop untuk membantu meningkatkan kinerja dari laptop. Semakin besar kapasitas RAM tentu lebih banyak program yang bisa dijalankan pada laptop tersebut.

 

11. Menggunakan SSD untuk Mempercepat Kinerja Laptop

Saat ini telah banyak laptop baru yang menggunakan media penyimpanan SSD atau Solid State Drive. Namun, untuk laptop lawas masih mengandalkan Harddisk SATA sebagai media penyimpanannya.

Harddisk memiliki kepingan berputar pada bagian dalamnya yang memiliki kecepatan baca dan tulis yang rendah. Maka gantilah Harddisk tersebut dengan menggunakan SSD supaya kinerja laptop bisa menjadi lebih meningkat lantaran media penyimpanan SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya.

 

12. Hindari Mengisi Media Penyimpanan Terlalu Penuh

Apabila mengisi media penyimpanan terlalu penuh maka otomatis media penyimpanan tersebut akan menjadi lemot, apapun bentuk dari media penyimpanan. Usahakan untuk mengisi media penyimpanan maksimal 90 persen dari kapasitas yang tersedia untuk memastikan kinerjanya tetap terjaga dengan baik.

 

13. Mengganti Pasta Processor

Setiap processor laptop biasanya memiliki pasta yang berperan untuk menghantarkan panas pada kipas dan heatsink. Seiring dengan waktu, pasta tersebut bisa mengering dan mengurangi kemampuan laptop dalam menghantarkan panas dengan baik.

Maka alangkah baiknya jika pasta processor tersebut diganti secara rutin minimal satu tahun sekali dan pilihlah pasta yang memiliki tingkat penghantar panas yang baik.

Itulah tadi cara mengatasi laptop lemot, semoga bermanfaat.

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman OkeZone.com dengan judul " Ini 13 Cara Mudah Atasi Laptop Lemot "
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut