get app
inews
Aa Read Next : Cara Meredupkan Layar Laptop

13 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Nomor 6 Banyak Dilupakan

Senin, 07 November 2022 | 17:53 WIB
header img
Cara mengatasi laptop lemot bisa dipelajari dalam artikel ini. Foto: Istimewa

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Cara mengatasi laptop lemot akan kami bahas dalam artikel ini. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar perangkat laptop Anda bisa beroperasi dengan lancar. Laptop lemot terkadang membuat penggunanya kesal karena tidak dapat maksimal bekerja atau mengerjakan tugas.

Laptop menjadi perangkat elektronik yang sudah banyak dimiliki oleh pekerja kantoran selain smartphone. Namun, tak jarang lantaran sering digunakan membuat laptop lemot.

Tak hanya itu, terkadang pemakaian aplikasi yang melebihi kapasitas processor juga mempengaruhi kecepatan laptop. Berikut ini cara mengatasi laptop lemot yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Hapus Program yang Tidak Terpakai

Terkadang saat pertama kali membeli sebuah laptop terdapat beberapa aplikasi yang sudah terinstall sebelumnya atau lebih dikenal dengan bloatware. Perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut hanya akan membebani dan membuat laptop menjadi lemot. Maka dari itu aplikasi dan program yang sudah tidak dipakai alangkah baiknya dihapus saja.

 

2. Matikan Program yang Otomatis Dijalankan saat Startup

Terdapat beberapa program yang akan berjalan secara otomatis saat laptop dihidupkan, umumnya aplikasi tersebut terdapat di Windows 10. Untuk menghindari laptop lemot, sebaiknya beberapa program yang berjalan otomatis tersebut dimatikan. Caranya dengan membuka Task Manager dan pilih tab startup, lalu periksa program yang membebani proses startup.

3. Gunakan Antivirus yang Ringan

Antivirus termasuk aplikasi yang dapat membantu laptop terhindar virus yang dapat merusak laptop. Namun, tahukah kamu jika tidak sedikit program antivirus dapat menyebabkan kinerja laptop lebih berat.

Untuk menghindari laptop yang lambat, sebaiknya memilih varian antivirus yang ringan dan tidak akan membebani laptop, seperti menggunakan antivirus Norton dan BitDefender.

 

4. Bersihkan Cache Secara Berkala

Cache atau temporary files juga berpengaruh membuat kinerja laptop berat. Maka dari itu, harus dibersihkan secara berkala untuk membuat laptop menjadi lebih lancar.

Caranya dengan membuka File Manager, lalu klik kanan pada gambar di Harddisk (seperti Drive C atau D). Klik Properties lalu arahkan kursor pada tab General dan pencetlah tombol Disk Cleanup untuk membersihkan cache dan temporary files yang menumpuk.

 

5. Gunakan Fitur Ready Boost pada Laptop

Pada Windows 7 terdapat sebuah fitur yang bernama Readyboost untuk membantu laptop dalam mendapatkan cache tambahan supaya bisa berjalan lebih lancar. Caranya dengan membutuhkan sebuah flashdisk berukuran minimal 16GB yang sudah mendukung konektivitas USB 3.0 untuk bisa menjalankan fitur ini.

6. Lakukan Disk Defragmenter Secara Rutin

Pada Windows 7 terdapat media penyimpanan yang sudah berusia lanjut dan membutuhkan defrag supaya isinya bisa tetap teratur serta terorganisir dengan baik. Proses defrag membutuhkan waktu yang lama, usahakan untuk menjalankannya pada saat malam hari supaya laptop dapat ditinggalkan semalaman.

 

7. Merubah Pengaturan Daya ke Daya Tinggi (High Performance)

Pada Windows 10 terdapat fitur pengaturan daya laptop yang bisa membuat kinerja dari laptop menyesuaikan dengan kebutuhan. Cara mengubah pengaturan daya tersebut dengan klik kanan pada gambar baterai yang berada di Taskbar bagian kanan bawah dengan pilih high performance supaya memaksimalkan kemampuan dari laptop dan mengatasi lemot pada laptop.

 

8. Manfaatkan Program yang Memiliki Fitur Lite

Tidak semua laptop berusia lawas memiliki kemampuan untuk menjalankan program-program terbaru. Kamu bisa manfaatkan program yang memiliki fitur Lite supaya bisa digunakan pada laptop dengan hardware lawas dengan mudah dan tidak membuat lemot.

 

9. Membersihkan Laptop Secara Berkala

Banyak pengguna laptop yang menghiraukan kebersihan laptop. Namun perlu diketahui, jika debu yang menumpuk terlalu lama dan menghambat aliran udara bisa membuat kinerja laptop menjadi lemot. Maka dari itu, bersihkan laptop dari debu yang berada di dalam laptop secara berkala supaya laptop tidak panas dan menjadi lelet.

10. Menambah RAM pada Laptop

Umumnya pada beberapa jenis dan merk laptop, sudah disediakan sebuah slot RAM yang bisa dimanfaatkan untuk menambah RAM sendiri. Kamu bisa menambahkan satu buah keping RAM tambahan pada laptop untuk membantu meningkatkan kinerja dari laptop. Semakin besar kapasitas RAM tentu lebih banyak program yang bisa dijalankan pada laptop tersebut.

 

11. Menggunakan SSD untuk Mempercepat Kinerja Laptop

Saat ini telah banyak laptop baru yang menggunakan media penyimpanan SSD atau Solid State Drive. Namun, untuk laptop lawas masih mengandalkan Harddisk SATA sebagai media penyimpanannya.

Harddisk memiliki kepingan berputar pada bagian dalamnya yang memiliki kecepatan baca dan tulis yang rendah. Maka gantilah Harddisk tersebut dengan menggunakan SSD supaya kinerja laptop bisa menjadi lebih meningkat lantaran media penyimpanan SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya.

 

12. Hindari Mengisi Media Penyimpanan Terlalu Penuh

Apabila mengisi media penyimpanan terlalu penuh maka otomatis media penyimpanan tersebut akan menjadi lemot, apapun bentuk dari media penyimpanan. Usahakan untuk mengisi media penyimpanan maksimal 90 persen dari kapasitas yang tersedia untuk memastikan kinerjanya tetap terjaga dengan baik.

 

13. Mengganti Pasta Processor

Setiap processor laptop biasanya memiliki pasta yang berperan untuk menghantarkan panas pada kipas dan heatsink. Seiring dengan waktu, pasta tersebut bisa mengering dan mengurangi kemampuan laptop dalam menghantarkan panas dengan baik.

Maka alangkah baiknya jika pasta processor tersebut diganti secara rutin minimal satu tahun sekali dan pilihlah pasta yang memiliki tingkat penghantar panas yang baik.

Itulah tadi cara mengatasi laptop lemot, semoga bermanfaat.

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman OkeZone.com dengan judul " Ini 13 Cara Mudah Atasi Laptop Lemot "
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut