get app
inews
Aa Read Next : Cara Meredupkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Kipas Laptop

Kamis, 20 Juli 2023 | 19:44 WIB
header img
Kipas atau fan laptop yang kotor dapat membuat kinerja perangkat menurun. Simak cara membersihkan kipas laptop di artikel berikut ini. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Cara membersihkan kipas laptop, dapat dilakukan dengan sangat mudah oleh siapa saja. Seperti yang diketahui, pada laptop terdapat berbagai macam komponen yang memiliki fungsi masing-masing. Contohnya komponen utama seperti processor, hard disk, RAM dan lain-lain.

Selain komponen-komponen utama tersebut, terdapat juga komponen lain yang berfungsi untuk menjaga kinerja. Salah satunya adalah fan processor atau lebih umum disebut kipas laptop. Kipas laptop adalah komponen penting yang membantu menjaga suhu laptop tetap stabil.

Seiring waktu, debu, kotoran, dan rambut dapat menumpuk di kipas, menyebabkan kinerjanya menurun dan risiko overheat yang dapat merusak perangkat. Oleh karena itu, penting untuk secara berkala membersihkan kipas laptop Anda

Dalam artikel ini, akan dibahas langkah-langkah tentang cara membersihkan kipas laptop dengan aman dan efektif.

Cara Membersihkan Kipas Laptop

1. Siapkan alat dan bahan

Sebelum Anda mulai membersihkan kipas laptop, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan berikut:

  • Obeng (drei) – Alat yang digunakan untuk membuka casing laptop. Anda bisa menyiapkan obeng plus/min dan pastikan menggunakan obeng dengan ukuran yang pas. Karena jika Anda salah dalam memilih ukuran obeng, bisa merusak kembangan mur / baut.
  • Kuas – Dipakai untuk membersihkan baling-baling kipas beserta komponen lainnya. Pastikan Anda menggunakan kuas dengan bulu yang halus.
  • Kain atau tisu – Hanya sebagai alat tambahan supaya kipas tampak lebih bersih dan mengkilap.
  • Wadah – Opsional jika Anda ingin memberikan tempat khusus kipas supaya terhindar kejadian yang tidak diinginkan.

Setelah Anda menyiapkan beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membersihkan kipas laptop, langkah selanjutnya adalah tahap pembersihan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut