get app
inews
Aa Read Next : Cara Meredupkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Kipas Laptop

Kamis, 20 Juli 2023 | 19:44 WIB
header img
Kipas atau fan laptop yang kotor dapat membuat kinerja perangkat menurun. Simak cara membersihkan kipas laptop di artikel berikut ini. Foto: Net.

Cara membersihkan kipas laptop tanpa membongkar

Bagi pengguna laptop yang masih pemula pasti akan merasa kesulitan saat membersihkan kipas, karena membongkar laptop tidak semudah seperti yang dibayangkan. Sedikit kesalahan yang Anda lakukan dapat berakibat fatal, mengingat setiap komponen yang terdapat di dalam laptop sangat rentan terjadi risiko kerusakan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi atas persoalan tersebut, pasalnya ada cara alternatif lain yang bisa Anda coba yaitu membersihkan kipas laptop tanpa membongkarnya.

Lantas bagaimana caranya? Simak dan ikuti panduannya di bawah ini.

  1. Pertama, siapkan kompresor udara atau alat pembersih lain yang Anda miliki. Jika tidak punya, Anda bisa pergi ke bengkel motor untuk menyewa (mungkin biayanya cuma Rp. 2.000 – Rp. 5.000 saja).
  2. Pastikan laptop dalam kondisi nonaktif, Anda juga perlu melepas baterai laptop.
  3. Setelah itu arahkan kompresor pada lubang saluran kipas laptop hingga keluar debu. Lubang ini bisa Anda temui pada bagian samping dan juga bawah laptop.
  4. Selesai.

Ini hanya digunakan sebagai metode perawatan saja. Jadi, pembersihan mungkin tidak akan sempurna seperti cara sebelumnya; dengan membongkar laptop secara keseluruhan.

Itu tadi cara membersihkan kipas laptop dengan mudah, selamat mencoba!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut