get app
inews
Aa Read Next : Cara Meredupkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Kipas Laptop

Kamis, 20 Juli 2023 | 19:44 WIB
header img
Kipas atau fan laptop yang kotor dapat membuat kinerja perangkat menurun. Simak cara membersihkan kipas laptop di artikel berikut ini. Foto: Net.

2. Tahap pembersihan

Sebelum Anda membersihkan kipas laptop, ada poin penting yang harus Anda perhatikan. Jika laptop Anda masih memiliki masa garansi yang belum habis, akan lebih baik jika Anda mengunjungi service center saja, dengan begitu Anda tidak perlu membongkar pasang laptop. Sebaliknya jika sudah tidak ada garansi, silakan ikuti panduan membersihkan kipas laptop berikut ini.

Ketika Anda melepas casing dan beberapa komponen laptop lainnya, yang harus Anda ketahui adalah teknik pelepasan. Setiap produsen memiliki model kancingan yang berbeda-beda, usahakan untuk lebih berhati-hati dan jangan dipaksakan.

Lepas baut yang terhubung

STEP 1 : Langkah pertama, pastikan laptop sudah dalam keadaan mati. Lalu lepaskan baterai laptop dahulu dan perangkat peripheral yang terhubung dengan laptop; seperti mouse, keyboard, monitor, dan sejenisnya.

STEP 2 : Kemudian lepaskan juga semua baut yang berada pada bagian bawah laptop. Letakkan baut di tempat yang berbeda supaya mudah ditemukan. (untuk beberapa merek dan tipe laptop tertentu, Anda hanya perlu melepaskan beberapa baut saja sudah bisa membuka casing).

STEP 3 : Selanjutnya lepas casing laptop. Setelah itu Anda akan melihat kipas, biasanya terletak di pojokkan laptop dengan casing berupa logam semacam aluminium.

Bersihkan komponen kipas

STEP 4 : Setelah kipas sudah terlepas dari motherboard. Gunakan kain atau tisu dahulu untuk membersihkan bagian aluminium kipas. Lalu bersihkan seluruh komponen kipas dengan kuas halus, termasuk baling-baling.

STEP 5 : Jika Anda ingin opsi pembersih yang lebih praktis lagi, Anda bisa memakai kompresor udara. Dan memang kebanyakan pengguna laptop lebih memilih opsi ini karena dianggap lebih ampuh dalam menghilangkan debu kipas.

STEP 6 : Langkah terakhir, Anda hanya perlu memasang kembali semua komponen sesuai dengan tempatnya. Kemudian nyalakan laptop untuk melihat perubahan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut