get app
inews
Aa Read Next : Cara Meredupkan Layar Laptop

13 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Nomor 6 Banyak Dilupakan

Senin, 07 November 2022 | 17:53 WIB
header img
Cara mengatasi laptop lemot bisa dipelajari dalam artikel ini. Foto: Istimewa

6. Lakukan Disk Defragmenter Secara Rutin

Pada Windows 7 terdapat media penyimpanan yang sudah berusia lanjut dan membutuhkan defrag supaya isinya bisa tetap teratur serta terorganisir dengan baik. Proses defrag membutuhkan waktu yang lama, usahakan untuk menjalankannya pada saat malam hari supaya laptop dapat ditinggalkan semalaman.

 

7. Merubah Pengaturan Daya ke Daya Tinggi (High Performance)

Pada Windows 10 terdapat fitur pengaturan daya laptop yang bisa membuat kinerja dari laptop menyesuaikan dengan kebutuhan. Cara mengubah pengaturan daya tersebut dengan klik kanan pada gambar baterai yang berada di Taskbar bagian kanan bawah dengan pilih high performance supaya memaksimalkan kemampuan dari laptop dan mengatasi lemot pada laptop.

 

8. Manfaatkan Program yang Memiliki Fitur Lite

Tidak semua laptop berusia lawas memiliki kemampuan untuk menjalankan program-program terbaru. Kamu bisa manfaatkan program yang memiliki fitur Lite supaya bisa digunakan pada laptop dengan hardware lawas dengan mudah dan tidak membuat lemot.

 

9. Membersihkan Laptop Secara Berkala

Banyak pengguna laptop yang menghiraukan kebersihan laptop. Namun perlu diketahui, jika debu yang menumpuk terlalu lama dan menghambat aliran udara bisa membuat kinerja laptop menjadi lemot. Maka dari itu, bersihkan laptop dari debu yang berada di dalam laptop secara berkala supaya laptop tidak panas dan menjadi lelet.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut