get app
inews
Aa Read Next : Erzaldi Ingatkan Jangan Dzalim

Adab Saat Membaca Al Quran, Nomor 8 Bisa Membuat Lebih Paham Kandungannya

Jum'at, 24 Desember 2021 | 14:51 WIB
header img
SETIAP Muslim haruslah rajin membaca ayat-ayat suci Alquran. Tersimpan keutamaan besar di balik mengerjakan amal salih ini. Salah satunya menjadi penolong ketika hari akhir kelak.

4. Mengambil tempat yang bersih untuk membaca Alquran. Oleh karena itu, para ulama sangat menganjurkan membaca Alquran di masjid. Di samping masjid adalah tempat yang bersih dan dimuliakan, juga ketika itu dapat meraih fadhilah iktikaf.

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, "Hendaklah setiap orang yang duduk di masjid berniat iktikaf baik untuk waktu yang lama atau hanya sesaat. Bahkan sudah sepatutnya sejak masuk masjid tersebut sudah berniat untuk iktikaf. Adab seperti ini sudah sepatutnya diperhatikan dan disebarkan, apalagi pada anak-anak dan orang awam (yang belum paham). Karena mengamalkan seperti itu sudah semakin langka." (At-Tibyan, halaman 83)

5. Menghadap kiblat ketika membaca Alquran. Duduk ketika itu dalam keadaan sakinah dan penuh ketenangan.

6. Memulai membaca Alquran dengan membaca ta’awudz. Bacaan ta’awudz menurut jumhur (mayoritas ulama) adalah “a’udzu billahi minasy syaithonir rajiim”. Membaca ta’awudz ini dihukumi sunah, bukan wajib.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut