get app
inews
Aa Read Next : Erzaldi Ingatkan Jangan Dzalim

Selain Manusia, Inilah 5 Makhluk di Alam Semesta yang Dijelaskan Alquran dan Hadis

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:56 WIB
header img
Ilustrasi Dajjal

ALLAH Subhanahu wa ta'ala dengan segala kesempurnaannya, menciptakan alam semesta beserta para penghuninya. Selain manusia, juga terdapat makhluk-makhluk lain yang menempati alam semesta ini. 

Kehadiran makhluk ini bserta karakter, dan bahkan perbuatannya sudah diterangkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala melalui ayat-ayat suci Alquran dan berbagai hadis. 

Berikut ini lima makhluk selain manusia yang disebutkan di dalam Alquran dan hadis, sebagaimana dirangkum dari kanal YouTube Lensa Aswaja, Selasa (25/1/2022). 

1. Buraq 

Hewan kendaraan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ini berbetuk kuda bersayap. Buraq diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala dari cahaya. Buraq-lah yang menjadi tunggangan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dalam peristiwa Isra Mikraj. 

Secara istilah, Buraq diartikan sebagai burung cenderawasih. Oleh kamus diartikan sebagai burung dari surga (bird of paradise). 

Berasal dari kata "Barqu" yang artinya 'Kilat'. Jika diartikan, Buraq adalah kendaraan yang kecepatannya di atas kilat, melebihi kecepatan cahaya. 

Buraq disebutkan dalam hadis dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 

"Didatangkan kepadaku Buraq, yaitu hewan (dabbah) yang berwarna putih (abyadh), bertubuh panjang (thawil), lebih besar daripada keledai dan lebih kecil dari baghal. Dan sekali ia menjejakkan kakinya yang berkuku, bergerak sejauh mata memandang." (HR Muslim, kitab Al Jami al Shahih Juz I).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut