get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga untuk Ketahanan Pangan Keluarga

Rabu, 21 Desember 2022 | 22:56 WIB
header img
Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga untuk Ketahanan Pangan Keluarga. Foto: Istimewa.

LIMBAH merupakan bahan buangan atau bahan sisa yang tidak digunakan lagi dari hasil kegiatan manusia baik pada skala rumah tangga, industri maupun pertambangan. Limbah mengalami peningkatan dalam jumlahnya seiring dengan jumlah penduduk dengan segala kegiatannya, maka jumlah limbah yang dihasilkan juga akan mengalami peningkatan.

Manusia sebagai pelaku konsumsi akan menghasilkan limbah sebagai hasil dari kehidupan sehari–harinya, limbah yang dihasilkan juga dapat berupa limbah padat, cair maupun gas. Jenis-jenis dari limbah rumah tangga ini ada tiga macam, yaitu:

  1. Limbah padat yang merupakan bahan sisa, baik bahan – bahan yang sudah  tidak  digunakan lagi (barang bekas) maupun bahan yang sudah diambil bagian utamanya yang dari segi ekonomis. Limbah padat atau sampah yang bersumber dari limbah rumah tangga meliputi sampah organik adalah sampah yang bisa terurai   dengan sendirinya, karena bisa membusuk misalnya sisa-sisa makanan, sayuran, buah-buahan, nasi, dan sebagainya. Dan sampah anorganik adalah limbah yang tidak bisa atau sulit diuraikan oleh proses biologi, misalnya plastik, kaca, bersumber dari peralatan rumah tangga, alumunium, kaleng, dan sebagainya. 
  2. Limbah cair/ air limbah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga, restoran, mall, dan lain – lain. Contohnya air bekas cucian pakaian atau peralatan makan, air bekas mandi, maupun sisa makan berwujud cair. Air limbah harus dikelola untuk mengurangi pencemaran. Pengelolaan air limbah rumah tangga dapat dilakukan dengan membuat saluran air kotor dan bak peresapan dengan memperhatikan ketentuan.
  3. Limbah gas yang meliputi tinjau dan urine. Keseimbangan ekosistem tanah, air, dan udara dapat terganggu karena pencemaran ekosistem oleh berbagai jenis bahan  pencemar biologis, kimiawi, maupun fisik yang terdapat pada tinja dan limbah  cair. Oleh karena itu, pembuangan tinja dan limbah cair yang aman dan saniter, akan mencegah pencemaran lingkungan.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut