get app
inews
Aa Read Next : Jual Minol Tanpa Izin, Kafe Resto di Belitung Timur Dirazia : 16 Pekerja Belum Lengkapi Adminduk

Selesai KKN di Belitung Timur, Mahasiswa UBB Kembali dengan Ragam Kesan dan Kenangan

Rabu, 12 Oktober 2022 | 13:37 WIB
header img
KKN-T mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur. Foto : istimewa

BELITUNG TIMUR, Lintasbabel.iNews.id - Mahasiswa KKN-T UBB Selesaikan KKN di Tebat Rasau Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur. Mereka kembali dengan ragam kesan dan keangan. 

"Telah usai kegiatan KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Program Membangun Desa yang di selenggarakan oleh Universitas Bangka Belitung di Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur. Para mahasiswa kembali ke kampus dengan ragam kesan dan kenangan yang membekas pada hari Jumat, 7 Oktober 2022 lalu," kata Ketua Kelompok Mahasiswa KKN-T UBB Desa Lintang, Rais Syaifullah. 

Kelompok mahasiswa KKN-T UBB Desa Lintang mengatakan bahwa banyak kesan yang membekas bagi mereka sendiri selama kegiatan KKN-T berjalan. 

"Desa dengan tingkat toleransi, kekompakan, kerjasama, ramah tamah, dan jiwa bergotong royong yang tinggi memberikan kesan dan kenangan mendalam yang membuat mahasiswa tidak hanya betah tinggal selama dua bulan, tetapi juga mendapat dukungan penuh selama menjalankan seluruh program yang dilaksanakan," tuturnya. 

Tema yang diangkat dalam kegiatan KKN-T ini adalah Sinergitas UBB dan Pemerintah Desa Lintang untuk Mengembangkan Desa Wisata Hijau (Green Tourism Village).

Kegiatan dimulai sejak 25 Juli 2022 KKN berhasil dilaksanakan dengan beberapa program kerja yang digarap oleh 15 mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Bangka Belitung dan didampingi oleh Dosen prodi sosiologi Dr. Fitri Ramdhani Harahap. M.Si.

"Program kerja yang dijalankan Mahasiswa KKN-T Universitas Bangka Belitung yaitu, perawatan atau maintenance fasilitas di Tebat Rasau, pembuatan video profil Tebat Rasau dan Pak Nasidi sebagai Ketua Pokdarwis Tebat Rasau, membuat denah lokasi Tebat Rasau, pembibitan pohon dan tanaman obat," ujar Rais. 

Selain itu, kata Rais, mereka juga mencetak buku saku mengenai sebagian flora dan fauna yang ada di Tebat Rasau, bekerjasama mengajarkan Bahasa Inggris, kebersihan diri, pramuka dengan sekolah-sekolah di Desa Lintang. 

"Kami juga menjadi panitia perayaan 17 Agustus bersama masyarakat Desa Lintang, menjadi panitia lomba balap perahu, dan juga menjadi panitia perlombaan permainan tradisional gasing, serta melaksanakan diskusi terkait pengenalan Tebat Rasau," katanya. 

Dia melanjutkan, selama KNN dilakukan pula pemetaan potensi sumber daya alam dan kelembagaan di Desa Lintang, pengembangan potensi sumber daya alam di Tebat Rasau serta diksusi kelompok terarah dengan tema “Peningkatan peran serta stakeholder dalam proses pembangunan desa wisata hijau di Tebat Rasau, Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur” 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut