get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa KKN-MB IAIN SAS Babel Meriahkan Maulid Nabi di Masjid Al-Huda Desa Tanjung Binga Belitung

Nama-nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui, Lengkap dengan Mukjizatnya Masing-masing

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 15:44 WIB
header img
Nama-nama Nabi dan Rasul wajib diketahui dan diimani oleh umat muslim. Foto: net.

19. Nabi Ilyas AS 
Nabi Ilyas diutus oleh Allah SWT. untuk menyeru kaum Bal di Kota Ba’albak atau Baalbek, Lebanon. Nabi Ilyas menyeru mereka untuk menyembah Allah, dan mencegah mereka dari menyembah kepada selain Allah SWT.  

Nama Nabi Ilyas dalam Alquran disebut sebanyak 2 kali. Ia dikenal sebagai sosok yang penyabar dan patuh pada perintah Allah. Nabi Ilyas pun mendapatkan mukjizat, yaitu memiliki pakaian dari cahaya dan sayap, serta terbang dengan seekor kuda dari api bersama malaikat.  

20. Nabi Ilyasa AS 
Nabi Ilyasa diutus setelah Nabi Ilyas. Nabi Ilyasa juga diutus untuk meninggali daerah Baalbek (Heliopolis, Kota Matahari) Lebanon. Nama Nabi Ilyasa juga disebut dalam Alquran sebanyak 2 kali. 

Nabi Ilyasa mendapatkan mukjizat dari Allah SWT, yaitu menyembuhkan penyakit dan membangkitkan orang mati atas izin Allah SWT.  

21. Nabi Yunus AS 
Nabi Yunus adalah keturunan Bunyamin, salah satu putra Nabi Ya’qub AS. Ayahnya bernama Matta. Nabi Yunus mengajak penduduk Ninawa yang menyembah berhala untuk beriman kepada Allah SWT. Tetapi, agar penduduk Ninawa meninggalkan kesesatannya ternyata tidak semudah itu. 

Maka, Allah SWT memberikan karunia kepada Nabi Yunus sebagai manusia yang mulai, karena kesabaran dan imannya kepada Allah SWT.  Kisah Nabi Yunus disebutkan dalam beberapa surat dalam Alquran, yaitu Surat Al Anbiya, Yunus, Ash-Shafaat dan Nun. Nabi Yunus juga mendapatkan mukjizat dari Allah SWT. yaitu diselamatkan dari perut ikan dan doanya diperkenankan.  

22. Nabi Zakaria AS 
Nabi Zakaria diangkat menjadi nabi pada usia 90 tahun. Dia diutus untuk mengembalikan akhlak Bani Israel di Palestina yang banyak melakukan kemungkaran dan mengubah agama yang dibawa oleh Musa AS. Nabi Zakaria dalam Alquran disebut sebanyak delapan kali. Ia pun mendapatkan mukjizat dari Allah SWT, yaitu masuk dalam pohon saat hendak dibunuh dan mendapat keturunan di usia senja.    

23. Nabi Yahya AS 
Nabi Yahya merupakan putra Nabi Zakariya AS yang sangat dinantikan kehadirannya untuk meneruskan risalah Allah SWT. Nabi Yahya memiliki sifat penyabar dan memiliki akhlak terpuji. 

Nabi Yahya diberikan mukjizat oleh Allah SWT, yaitu diberikan hikmah (Sebagian ulama mengartikannya dengan kenabian) sejak masih anak-anak (QS Surat Maryam:13). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut