get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa KKN-MB IAIN SAS Babel Meriahkan Maulid Nabi di Masjid Al-Huda Desa Tanjung Binga Belitung

Nama-nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui, Lengkap dengan Mukjizatnya Masing-masing

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 15:44 WIB
header img
Nama-nama Nabi dan Rasul wajib diketahui dan diimani oleh umat muslim. Foto: net.

10. Nabi Ya'qub AS 
Nabi Ya'qub lahir dalam keadaan memegang tumit saudaranya. Ia diangkat oleh Allah menjadi seorang rasul dan disebut juga sebagai Israil, sebab Nabi Ya’qub sering melakukan perjalanan di malam hari.  

Kisah Nabi Ya’qub dapat dijadikan contoh untuk orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya. Nabi Ya’qub memiliki sifat penyabar, penyayang, akhlak yang terpuji dan taat perintah Allah. Adapun mukjizat yang diterima adalah diberi kekayaan dan kerajaan.  

11. Nabi Yusuf AS 
Kisah Nabi Yusuf juga diabadikan dalam Alquran Surat Yusuf. Nabi Yusuf lahir di Syam dari rahim Rahil, istri kedua Nabi Yakub AS. Ia dikenal dengan kebijaksanaannya, ketampanannya, dan bisa menafsirkan mimpi.  

Adapun mukjizat Nabi Yusuf yaitu adalah mampu selamat dari sumur, memiliki wajah tampan dan diberi kerajaan.  

12. Nabi Ayub AS 
Nabi Ayub dikenal sebagai orang yang sabar menghadapi musibah. Kisah Nabi Ayub adalah diutus untuk mengajak kaumnya di daerah Hauran, Yordania- Syria (1420-1540 SM) beriman kepada Allah SWT. Kesabarannya yang dimilikinya membuat derajatnya diangkat oleh Allah SWT.  

Nabi Ayub juga menerima mukjizat dari Allah, yakni doanya terkabul dan mampu mengeluarkan air dari tanah untuk menyembuhkan penyakit.  

13. Nabi Syuaib AS 
Nabi Syuaib diutus Allah SWT. untuk menyeru kepada kaumnya di Kota Madyan (Yordania) untuk beriman kepada Allah SWT. Kaum Madyan dikenal sebagai kaum yang menyembah berhala dan suka mengurangi timbangan, serta menumpuk harta. 

Kisah Nabi Syuaib juga diabadikan dalam Alquran pada Surat Hud ayat 84-95.  Nabi Syuaib pun mendapatkan mukjizat, yaitu mampu selamat dari gempa dahsyat bersama kaumnya dan mendatangkan awan hitam.  

14. Nabi Musa AS 
Nabi Musa diutus oleh Allah untuk Bani Israil di Mesir. Kisah Nabi Musa juga diabadikan dalam Alquran. Nabi Musa juga diutus untuk menyadarkan penguasa Mesir saat itu, yakni Firaun.  

Nabi Musa saat masih bayi sengaja dihanyutkan oleh ibunya, Aminah di Sungai Nil agar tidak dibunuh oleh bala tentara dan pengawal Firaun. Ibu Musa bertindak seperti itu karena mendapat ilham dari Allah SWT. Nabi Musa memiliki sifat yang sabar dalam menyampaikan risalah, tidak pernah gentar menghadapi musuh, dan taat perintah Allah SWT. 

Mukjizat Nabi Musa: 
-Tongkat berubah jadi ular besar.  
-Membelah lautan. 
-Tangan bercahaya. 
-Wabah belalang, kutu, katak, dan darah. 
-Mendapatkan Kitab Taurat. 
-Bergelar Ulul Azmi.  

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut