get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa KKN-MB IAIN SAS Babel Meriahkan Maulid Nabi di Masjid Al-Huda Desa Tanjung Binga Belitung

Nama-nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui, Lengkap dengan Mukjizatnya Masing-masing

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 15:44 WIB
header img
Nama-nama Nabi dan Rasul wajib diketahui dan diimani oleh umat muslim. Foto: net.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Nama-nama Nabi dan Rasul wajib diketahui dan diimani oleh umat muslim. Islam telah mengajarkan bahwa terdapat sejumlah Nabi dan Rasul yang mendapat tugas dari Allah SWT untuk memperbaiki akhlak manusia.

Dari sejumlah nama-nama Nabi dan Rasul, memiliki keistimewaan tersendiri melalui mukjizatnya. Hal ini ternyata untuk memberikan keyakinan kepada umat Islam agar tambah keyakinan mereka atas Nabi dan Rasul tersebut.

Siapa saja nama-nama Nabi tersebut? Dikutip dari buku ‘Kisah Teladan dan Inspiratif 25 Nabi & Rasul’ karya Anita Sari, dkk. berikut ini nama-nama Nabi dan Rasul berikut kisah-kisah hikmahnya:

Nama-nama Nabi dan Rasul

1. Nabi Adam AS 
Nabi Adam merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT dari segumpal tanah. Allah membekali Nabi Adam dengan akal, ilmu pengetahuan, dan juga nafsu agar dapat membangun kehidupan di bumi. 

Setelah Nabi Adam diciptakan, Allah memerintahkan para malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam sebagai tanda penghormatan. Malaikat taat kepada perintah Allah SWT. Namun Iblis menolak karena sombong dan menyebut Nabi Adam lebih rendah karena terbuat dari tanah, sedangkan iblis dari Api. 

Bersama Nabi Adam, Allah juga menciptakan Siti Hawa sebagai pasangan Nabi Adam, kemudian mereka hidup bahagia di surga.

Mukjizat Nabi Adam diantaranya:
-Nabi Adam merupakan khalifah pertama di Bumi yang pernah tinggal di surga.  
-Memiliki ilmu yang tinggi dalam hafalan dan mampu menyebutkan nama-nama benda yang ada di alam semesta. Malaikat pun tunduk kepadanya.   
-Mampu bercocok tanam hingga mengolahnya menjadi makanan.  
-Allah menciptakan Siti Hawa dari tulang rusuk sebelah kiri Nabi Adam.  

2. Nabi Idris AS 
Nabi Idris adalah laki-laki istimewa keturunan keenam dari Nabi Adam. Ia dikenal sangat soleh dan rajin beribadah, serta memiliki kecerdasan yang luar biasa. Ia sangat pintar dalam baca tulis, matematika, dan menguasai ilmu perbintangan. 

Selain itu, ia juga pandai menjahit baju dari kulit binatang untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan. Setiap kali menusukkan jarum ketika menjahit, Nabi Idris selalu bertasbih kepada Allah SWT, namun jika beliau lupa bertasbih, maka jahitannya akan dibongkar dan diulang kembali.  

Mukjizat Nabi Idris:
-Nabi Idris adalah nabi pertama yang menerima wahyu melalui perantara Malaikat Jibril.  
-Nabi Idris manusia pertama yang pandai menulis dengan pena dan pandai membaca.  
-Nabi Idris adalah orang pertama yang pandai menjahit pakaian.  
-Nabi Idris pandai ilmu berhitung dan ilmu perbintangan (ilmu falak) 
-Nabi Idris menguasai 72 bahasa.  

3. Nabi Nuh AS 
Nabi Nuh adalah nabi ketiga dalam Islam. Nabi Nuh merupakan keturunan kesembilan dari Nabi Adam. Nabi Nuh berdakwah di Armenia yang merupakan sebuah negeri yang masyarakatnya banyak berperilaku jahat. 

Mukjizat Nabi Nuh:
-Nabi Nuh dan kaumnya berhasil membuat kapal besar. Kapal itu digunakan ketika terjadi banjir besar dan menenggelamkan bumi.  
-Perahu Nabi Nuh berhasil melewati banjir besar dan bertahan sangat lama hingga air surut.  
-Usia Nabi Nuh mencapai 950 tahun.  
-Nabi Nuh termasuk Nabi Ulul Azmi, artinya nabi yang memiliki kesabaran luar biasa.  

4. Nabi Hud AS 
Nabi Hud diutus oleh Allah sebagai nabi dan rasul di al-Ahqaf, Hadramaut, Yaman. Di  al-Ahqaf, tinggallah sebuah kaum bernama kaum ‘Ad. kaum ‘Ad berasal dari garis keturunan Nabi Nuh. Kaum tersebut menyembah patung-patung, yaitu Shamud dan Alhattar.

Nabi Hud kemudian berdakwah kepada kaum ‘Ad dan mengajak untuk beriman kepada Allah. Namun, kaum ‘Ad tidak menuruti ajakan Nabi Hud dan malah mencela Nabi Hud. Akan tetapi, Nabi Hud tetap terus berdakwah meski semakin sedikit pengikutnya, hingga pada akhirnya Allah mengirimkan azab kepada kaum ‘Ad. 

Mukjizat Nabi Hud:
-Nabi Hud mengeluarkan hawa panas atas izin Allah 
-Menurunkan hujan lebat disertai angin kencang  
-Mendatangkan angin dingin selama tujuh hari tujuh malam.  

5. Nabi Shaleh AS 
Nabi Shaleh diutus oleh Allah kepada kaum Tsamud. Nabi Shaleh merupakan keturunan Nabi Nuh yang hidup sekitar tahun 2150 Sebelum Masehi sampai 2080 Sebelum Masehi. Kaum Tsamud hidup menempati daerah yang dulunya didiami oleh kaum Ad dan sama seperti kaum Ad, yaitu sama sama menyembah berhala. Oleh karena itu, Nabi Shaleh mengajak kaum Tsamud untuk menyembah kepada Allah, namun kaum Tsamud tidak percaya kalau Nabi Shaleh adalah utusan Allah Swt.   

Nabi Shaleh pun berdoa kepada Allah SWT. Allah pun memberikan mukjizat kepada Nabi Shaleh, yaitu keluarnya seekor unta berbadan gemuk dan sehat dari batu besar setelah Nabi Shaleh memukulkan tangannya ke batu tersebut. Kemudian, kaum Tsamud takjub dan kaget melihat peristiwa itu, sehingga sebagian dari mereka pun mulai percaya bahwa Nabi Shaleh adalah utusan Allah SWT. 

Mukjizat Nabi Shaleh:
-Unta betina yang keluar dari batu besar. 
-Mendatangkan gempa yang dahsyat. 
-Selamat dari pembunuhan kaumnya. Allah mengirimkan batu-batuan yang membendung mereka sampai kepada Nabi Shaleh. 

6. Nabi Ibrahim AS 
Nabi Ibrahim lahir negeri Babilonia. Nabi Ibrahim merupakan penghulu para nabi dan merupakan nabi ulul azmi bersama Nabi Nuh, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad SAW. Nabi Ibrahim hidup pada masa Raja Namrud yang terkenal kejam dan mengaku dirinya sebagai tuhan. Di masa itu, semua bayi laki-laki harus dibunuh. Ibunda Ibrahim, Amilah kemudian memasukan Ibrahim kecil ke sebuah gua agar tidak dibunuh oleh para pengawal raja.  

Mukjizat Nabi Ibrahim:
-Tubuhnya tidak mempan dibakar.  
-Dapat hidayah sejak kecil.  
-Membangun Ka’bah. 
-Pasir berubah menjadi makanan. 
-Bergelar Ulul Azmi.   

7. Nabi Luth AS 
Nabi Luth diutus oleh Allah kepada kaum Sodom dan daerah-daerah sekitarnya untuk mengajak mereka untuk menyembah Allah SWT dan mengerjakan kebajikan dan melarang mereka melakukan perbuatan tercela. 

Nabi Luth merupakan putra Ibnu Haran Ibnu Azar, yaitu anak saudara lelaku Nabi Ibrahim Al-Khalil AS. Dia telah beriman bersama Nabi Ibrahim dan hijrah ke tanah Syam bersamanya. Nabi Luth memiliki sifat sabar dalam menghadapi kaumnya dan lurus dalam menjalankan perintah Allah SWT. 

8. Nabi Ismail AS 
Nabi Ismail adalah salah satu putra dari Nabi Ibrahim AS. Ia lahir di Syam dan ibunya bernama Hajar. Kisah yang dialami Nabi Ismail diabadikan dalam Alquran surat Ash Shaffat: 100-111. Nabi Ismail memiliki sifat yang sabar, rela berkorban, dan taat pada perintah Allah SWT. 

Mukjizat Nabi Ismail:
-Perintah Kurban. 
-Membangun Ka’bah. 
-Air Zamzam. 

9. Nabi Ishaq AS 
Nabi Ishaq merupakan putra Nabi Ibrahim AS dan Siti Sarah. Kisah Nabi Ishaq menjadi salah satu dari 25 nabi yang wajib diimani Muslim. Nama Nabi Ishaq dalam Alquran disebut sebanyak 17 kali. Nabi Ishaq memiliki sifat penyabar, memiliki akhlak terpuji, seorang yang hanif, dan hamba yang saleh. 

Nabi Ishaq pun memiliki mukjizat yang di antaranya adalah doanya terkabul dan diberikan Al-Kitab. 

10. Nabi Ya'qub AS 
Nabi Ya'qub lahir dalam keadaan memegang tumit saudaranya. Ia diangkat oleh Allah menjadi seorang rasul dan disebut juga sebagai Israil, sebab Nabi Ya’qub sering melakukan perjalanan di malam hari.  

Kisah Nabi Ya’qub dapat dijadikan contoh untuk orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya. Nabi Ya’qub memiliki sifat penyabar, penyayang, akhlak yang terpuji dan taat perintah Allah. Adapun mukjizat yang diterima adalah diberi kekayaan dan kerajaan.  

11. Nabi Yusuf AS 
Kisah Nabi Yusuf juga diabadikan dalam Alquran Surat Yusuf. Nabi Yusuf lahir di Syam dari rahim Rahil, istri kedua Nabi Yakub AS. Ia dikenal dengan kebijaksanaannya, ketampanannya, dan bisa menafsirkan mimpi.  

Adapun mukjizat Nabi Yusuf yaitu adalah mampu selamat dari sumur, memiliki wajah tampan dan diberi kerajaan.  

12. Nabi Ayub AS 
Nabi Ayub dikenal sebagai orang yang sabar menghadapi musibah. Kisah Nabi Ayub adalah diutus untuk mengajak kaumnya di daerah Hauran, Yordania- Syria (1420-1540 SM) beriman kepada Allah SWT. Kesabarannya yang dimilikinya membuat derajatnya diangkat oleh Allah SWT.  

Nabi Ayub juga menerima mukjizat dari Allah, yakni doanya terkabul dan mampu mengeluarkan air dari tanah untuk menyembuhkan penyakit.  

13. Nabi Syuaib AS 
Nabi Syuaib diutus Allah SWT. untuk menyeru kepada kaumnya di Kota Madyan (Yordania) untuk beriman kepada Allah SWT. Kaum Madyan dikenal sebagai kaum yang menyembah berhala dan suka mengurangi timbangan, serta menumpuk harta. 

Kisah Nabi Syuaib juga diabadikan dalam Alquran pada Surat Hud ayat 84-95.  Nabi Syuaib pun mendapatkan mukjizat, yaitu mampu selamat dari gempa dahsyat bersama kaumnya dan mendatangkan awan hitam.  

14. Nabi Musa AS 
Nabi Musa diutus oleh Allah untuk Bani Israil di Mesir. Kisah Nabi Musa juga diabadikan dalam Alquran. Nabi Musa juga diutus untuk menyadarkan penguasa Mesir saat itu, yakni Firaun.  

Nabi Musa saat masih bayi sengaja dihanyutkan oleh ibunya, Aminah di Sungai Nil agar tidak dibunuh oleh bala tentara dan pengawal Firaun. Ibu Musa bertindak seperti itu karena mendapat ilham dari Allah SWT. Nabi Musa memiliki sifat yang sabar dalam menyampaikan risalah, tidak pernah gentar menghadapi musuh, dan taat perintah Allah SWT. 

Mukjizat Nabi Musa: 
-Tongkat berubah jadi ular besar.  
-Membelah lautan. 
-Tangan bercahaya. 
-Wabah belalang, kutu, katak, dan darah. 
-Mendapatkan Kitab Taurat. 
-Bergelar Ulul Azmi.  

15. Nabi Harun AS 
Nabi Harun merupakan saudara Nabi Musa yang sama-sama diutus oleh Allah SWT untuk Bani Israil. Namun, Nabi Harun lahir di masa jeda Raja Firaun membunuh anak laki-laki. Firaun menyelingi kebijakannya itu untuk mencegah punahnya anak laki-laki. Kebijakan Firaun itu karena khawatir terhadap keturunan Bani Israil yang akan menjadi raja dan menentang kekuasaannya. 

Nabi Harun memiliki sifat penyabar, cerdas, dan patuh pada perintah Allah. Ia juga diberikan mukjizat, yaitu pandai berdiplomasi dan ahli siasat.  

16. Nabi Dzulkifli AS 
Nabi Dzulkifli diutus oleh Allah SWT untuk Bani Israil. Ia dikenal sebagai sosok yang tidak pernah ingkar janji, amanah, penyabar, jujur, dan sanggup menanggung resiko. Kisah Nabi Dzulkifli juga diabadikan dalam Alquran Surat Al-Anbiya ayat 85-86 dan Shad ayat 48.  

17. Nabi Daud AS 
Nabi Daud adalah putra dari Isyar ibn Uwaid ibn ‘Abir ibn Salmun ibn Nakhsun ibn Uwainadzab ibn Aram ibn Hashrun ibn Farash ibn Yahudza ibn Yakun ibn Ishak ibn Ibrahim.  

Nabi Daud diutus oleh Allah SWT untuk Bani Israil dan namanya tercatat 16 kali dalam Alquran. Nabi Daud mendapatkan mukjizat yakni dapat melunakan besi dan membuat baju besi, dianugerahi kitab Zabur dan dapat menundukan gunung-gunung, serta bertasbih bersama burung-burung.  

18. Nabi Sulaiman AS 
Nabi Sulaiman merupakan putra Nabi Daud yang memiliki silsilah langsung dengan Nabi Ibrahim. Nabi Sulaiman mendapatkan nikmat dari Allah SWT berupa kerajaan yang sempurna dan kekuasaan yang besar, sehingga ditundukkan baginya manusia, jin, dan burung-burung.  

Adapan mukjizat dari Nabi Sulaiman yaitu memiliki kerajaan megah dan luas, memiliki bala tentara jin dan hewan serta dapat menundukan angin. 

19. Nabi Ilyas AS 
Nabi Ilyas diutus oleh Allah SWT. untuk menyeru kaum Bal di Kota Ba’albak atau Baalbek, Lebanon. Nabi Ilyas menyeru mereka untuk menyembah Allah, dan mencegah mereka dari menyembah kepada selain Allah SWT.  

Nama Nabi Ilyas dalam Alquran disebut sebanyak 2 kali. Ia dikenal sebagai sosok yang penyabar dan patuh pada perintah Allah. Nabi Ilyas pun mendapatkan mukjizat, yaitu memiliki pakaian dari cahaya dan sayap, serta terbang dengan seekor kuda dari api bersama malaikat.  

20. Nabi Ilyasa AS 
Nabi Ilyasa diutus setelah Nabi Ilyas. Nabi Ilyasa juga diutus untuk meninggali daerah Baalbek (Heliopolis, Kota Matahari) Lebanon. Nama Nabi Ilyasa juga disebut dalam Alquran sebanyak 2 kali. 

Nabi Ilyasa mendapatkan mukjizat dari Allah SWT, yaitu menyembuhkan penyakit dan membangkitkan orang mati atas izin Allah SWT.  

21. Nabi Yunus AS 
Nabi Yunus adalah keturunan Bunyamin, salah satu putra Nabi Ya’qub AS. Ayahnya bernama Matta. Nabi Yunus mengajak penduduk Ninawa yang menyembah berhala untuk beriman kepada Allah SWT. Tetapi, agar penduduk Ninawa meninggalkan kesesatannya ternyata tidak semudah itu. 

Maka, Allah SWT memberikan karunia kepada Nabi Yunus sebagai manusia yang mulai, karena kesabaran dan imannya kepada Allah SWT.  Kisah Nabi Yunus disebutkan dalam beberapa surat dalam Alquran, yaitu Surat Al Anbiya, Yunus, Ash-Shafaat dan Nun. Nabi Yunus juga mendapatkan mukjizat dari Allah SWT. yaitu diselamatkan dari perut ikan dan doanya diperkenankan.  

22. Nabi Zakaria AS 
Nabi Zakaria diangkat menjadi nabi pada usia 90 tahun. Dia diutus untuk mengembalikan akhlak Bani Israel di Palestina yang banyak melakukan kemungkaran dan mengubah agama yang dibawa oleh Musa AS. Nabi Zakaria dalam Alquran disebut sebanyak delapan kali. Ia pun mendapatkan mukjizat dari Allah SWT, yaitu masuk dalam pohon saat hendak dibunuh dan mendapat keturunan di usia senja.    

23. Nabi Yahya AS 
Nabi Yahya merupakan putra Nabi Zakariya AS yang sangat dinantikan kehadirannya untuk meneruskan risalah Allah SWT. Nabi Yahya memiliki sifat penyabar dan memiliki akhlak terpuji. 

Nabi Yahya diberikan mukjizat oleh Allah SWT, yaitu diberikan hikmah (Sebagian ulama mengartikannya dengan kenabian) sejak masih anak-anak (QS Surat Maryam:13). 

24. Nabi Isa AS 
Nabi Isa terlahir dari rahim seorang wanita suci bernama Maryam. Atas izin Allah, Nabi Isa terlahir ke dunia tanpa perantara seorang ayah. Nabi Isa diutus sebagai petunjuk bagi kaum Bani Israil. 

Mukjizat Nabi Isa:
-Nabi Isa bisa berbicara sejak bayi, untuk menjelaskan bahwa beliau seorang Nabi utusan Allah SWT 
-Allah memberikan mukjizat berupa kitab Injil kepada Nabi Isa untuk menyelamatkan kaumnya dari kesesatan.  
-Nabi Isa dapat menyembuhkan orang buta, serta menghidupkan kembali orang yang meninggal dan burung yang terbuat dari tanah liat. 
-Bisa mendatangkan makanan dari yang tidak ada menjadi ada.  

25. Nabi Muhammad SAW 
Nabi Muhammad SAW dilahirkan di Mekah, tepatnya pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah dan merupakan akhir zaman. 

Mukjizat Rasulullah:
-Diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad sebagai pedoman hidup manusia. 
-Perintah salat lima waktu untuk umat Islam yang diterima saat peristiwa Isra Mi’raj yang membawanya bertemu dengan Allah SWT. 
-Memancarnya air dari sela-sela jemari yang dapat diminum dan digunakan wudhu oleh para sahabat.  
-Membelah bulan menjadi dua, untuk membuktikan kebesaran Allah SWT pada kaum kafir. 
-Malaikat membersihkan hati Nabi Muhammad dengan membelah dadanya, sehingga memiliki hati yang murni dan bersih.  
-Diberikan telaga kautsar. 
-Ahli politik dan strategi perang.    

Itulah nama-nama Nabi yang wajib diketahui dan diimani oleh umat Islam dengan mukjizat masing-masing yang dikaruniai Allah SWT. 

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Urutan 25 Nama Nabi dan Rasul Lengkap dengan Kisahnya "

 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut