get app
inews
Aa Read Next : Siapa Pemilik Sabun Kahf, Brand yang Terinsipirasi dari Salah Satu Surat di Al Quran

Asbabun Nuzul Surat Al Ikhlas, Suroqoh 2 Kali Tak Bisa Membunuh Rasulullah Lalu Akhirnya Masuk Islam

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:19 WIB
header img
Surat Al-Ikhlas (???????) adalah surat yang sangat populer di kalangan umat Islam. Surat yang terdiri 4 ayat ini memiliki fadhilah dan manfaat luar biasa. (Foto: ilustrasi/net)

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu berkata:

"As-Shomad adalah Dzat yang tidak memiliki perut, tidak makan dan tidak minum. Andaikan Allah itu memiliki perut maka Dia tentu membutuhkan sesuatu. Padahal Dia itu tidak membutuhkan sesuatu apapun, melainkan segala makhluk membutuhkan-Nya. Ada yang mengatakan bahwa "as-Shomad" adalah tidak melahirkan dan tidak dilahirkan.

Maksud "Lam Yalid" adalah Allah tidak memiliki anak yang kemudian nantinya mewarisi kerajaan-Nya. Maksud "Lam Yuulad" adalah Allah tidak memiliki bapak yang memberikan warisan kepada-Nya.

Maksud "Walam Yakun Lahu Kufuwan Ahad" adalah bahwa Allah tidak memiliki lawan, tidak memiliki saingan, tidak memiliki sesama, dan tidak ada siapapun yang menyamai-Nya.

Kisah Suroqoh bin Malik Dalam riwayat lain disebutkan bahwa sebab diturunkannya Surat Al-Ikhlas adalah ketika Rasulullah SAW hendak Hijrah menuju Madinah, maka orang-orang kafir Mekkah berkumpul di pintu jalan Nadwah, yaitu jalan perkampungan Abu Jahl. Mereka berkata:

"Barang siapa membawa Muhammad atau kepalanya kepada kita maka kita akan memberinya 100 unta yang merah yang hitam biji matanya."

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut