get app
inews
Aa Read Next : Siapa Pemilik Sabun Kahf, Brand yang Terinsipirasi dari Salah Satu Surat di Al Quran

Asbabun Nuzul Surat Al Ikhlas, Suroqoh 2 Kali Tak Bisa Membunuh Rasulullah Lalu Akhirnya Masuk Islam

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:19 WIB
header img
Surat Al-Ikhlas (???????) adalah surat yang sangat populer di kalangan umat Islam. Surat yang terdiri 4 ayat ini memiliki fadhilah dan manfaat luar biasa. (Foto: ilustrasi/net)

JAKARTA, lintasbabel.id - Asbabun Nuzul Surat Al-Ikhlas patut untuk diketahui setiap Muslim. Surat Al-Ikhlas (الإخلاص) sendiri, adalah surat yang sangat populer di kalangan umat Islam. Surat yang terdiri 4 ayat ini memiliki fadhilah dan manfaat luar biasa.

Inilah sebab diturunkannya (asbabun nuzul) Surat Al-Ikhlas sebagaimana diterangkan Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah.

Dikisahkan dari Ubay bin Ka'ab, suatu hari orang-orang kafir Mekkah tengah berkumpul di antaranya Amir bin Thufail, Zaid bin Qois, dan lainnya berkata:

"Hai Muhammad! Beritahu kami sifat Tuhanmu! Apakah berasal dari emas, perak, besi atau tembaga? Karena tuhan-tuhan kami adalah berasal dari benda-benda itu."

Mendengar pertanyaan orang kafir itu, Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam berkata:

"Aku adalah utusan Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyamai sesuatu. Aku tidak mengatakan kalau Allah itu adalah sesuatu."

Kemudian Allah 'azza wa Jalla menurunkan kepada Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam Surat Al-Ikhlas berikut:

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Artinya: "Katakanlah (Muhammad): "Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia." (QS Al-Ikhlas: Ayat 1-4)

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut