get app
inews
Aa Read Next : Semakin Meraya, Yayasan HMI Bangka Belitung Raya Diluncurkan untuk Perkuat Ukhuwah Islamiyyah

Pelantikan HMI MPO Cabang Babel Raya, Gilang: Kami Akan Mengawal Isu-isu Kerakyatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:03 WIB
header img
HMI MPO Cabang Babel Gelar Halal  Bihalal dan Pelantikan Cabang HMI MPO Cabang Babel Priode 2022 -2023. (Foto: lintasbabel.id/ Haryanto)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO Cabang Bangka Belitung Raya menggelar halal bihalal dan pelantikan Pengurus Cabang HMI Cabang Babel Raya periode 2022 -2023 di Hotel Cordela Kota Pangkalpinang, Sabtu (21/5/2022).

"Pertama, terkait diselenggarakan pelantikan ini terutama untuk regenerasi kepengurusan untuk melanjutkan estapet kepemimpinan," kata Gilang Virginawan, Ketua HMI MPO Cabang Babel Raya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum PB HMI MPO Tahun 1986-1988 Eggi Sudjana, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Pemprov Babel, Muhammad Soleh, Rektor IAIN SAS BABEL Irawan, Rektor UBB  Ibrahim, dan Rektor Universitas Muhammdiyah Babel Fadillah Sabri, Dirintelkam Polda Babel, organisasi kepemudaan dan organisasi mahasiswa, serta sejumlah nelayan Teluk Kelabat.

Gilang mengatakan, dengan hadirnya banyak pihak diharapkan kedepan dapat berkolaborasi.

"Dengan hadirnya banyak pihak tetunya kedepan adanya elaborasi gerakan bersama antar sesama setiap steakholder," jelasnya.

Selain itu, Gilang juga menjelaskan bahwa sebagai organisasi pengkaderan pihaknya akan terus melakukan kegiatan pembinaan antara kader.

"Sebagi oraganisasi pengkaderan kita tidak lepas melakukan giat-giat pengkaderan proses pembinaan secara berkala," ujarnya.

 

Selanjutnya, selain melakukan pengkaderan pihaknya juga akan terus melakukan pengawalan terhadap isu-isu kerakyatan terutama dunia pertambangan.

"Sebagai organisasi perjuangan, kami akan mengawal isu-isu kerayatan, tadi juga hadir nelayan, kami akan membantu nelayan melawan tambang ilegal," tuturnya.

Sementara itu, Prof. Eggi Sudjana memberikan orasi ilmiahnya dalam acara pelantikan kali ini. Dia mengingatkan agar HMI dapat meningkatkan semangat keislaman dalam berjuang.

"73 persen umat islam di Indonesia tidak bisa baca Al Quran, 75 persen tidak sholat, dan hanya sekitar satu persen saja yang berinfak. Ini sangat miris, kalau mengingat kita sebagai negara dengan mayoritas islam penduduknya. Maka dari itu, kader HMI harus ingat ASI, yaitu Al Quran, Sholat dan Infaq. Inilah program kerja kita, agar perjuangan menegakkan nilai-nilai keislaman dapat berjalan," kata Eggi.

Rencananya, Eggi akan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas (upgrading) kepada pengurus HMI Cabang Babel Raya terkait ASI ini, pada bulan depan.

"Kalau saja adinda semua berkenan, dan para rektor dan pemerintahan yang hadir mau memfasilitasi, saya akan hadir kembali ke Babel bulan depan, kita upgrading soal ASI ini," katanya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut