get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Pemilu: Momentum Mengobati Ibu Pertiwi

Sabtu, 10 Februari 2024 | 19:58 WIB
header img
Ilustrasi Pemilu 2024 (Foto : Istimewa)

DARI dulu, musuh terbesar kemanusiaan adalah ketidakadilan, yang hadir dengan wajah kedzaliman, kebatilan, korupsi, eksploitasi dan berbagai bentuk kejahatan yang membuat masyarakat bodoh dan miskin. Ketidakadilan di atas sekarang disebut kapitalisme yaitu penuhanan terhadap materi dan diri sendiri dengan cara menindas atau mengambil hak orang lain. 

Kapitalisme muncul dalam berbagai bentuk, wujud dasarnya adalah kapitalisme murni (individualisme). Keserakahan ini terdapat pada tingkatan individu, setiap orang memiliki potensi untuk bersikap rakus. Kapitalisme individual ini kemudian mewujud dalam struktur kekuasaan sehingga menjadi kapitalisme birokrasi. 

Indonesia dicengkeram oligarki

Kapitalisme birokrasi adalah keserakahan dalam bentuk penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan pribadi, keluarga atau mengumpulkan kekuatan untuk mempertahankan atau menaikkan posisi di pemerintahan. Kapitalis birokrat merupakan benalu yang sangat mengagungkan sistem feodalisme dalam masyarakat, membela imperialis hanya demi keuntungan pribadi dan kroni, mengorbankan kepentingan rakyat, tak peduli dengan semua keinginan rakyat dan tak berempati terhadap penderitaan rakyat.

Wajah tercanggih dari keserakahan ini adalah kapitalisme berjaring. Sebuah keserakahan dengan melakukan persengkokolan berbagai elemen dalam sebuah negara. Pemerintah, politisi, hakim, jaksa, polisi, militer, pengusaha, LSM, pers dan akademisi. Mereka berkolaborasi merampok negara, menggerogoti hak-hak masyarakat secara rapi dan sistematis. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut