get app
inews
Aa Read Next : Remaja 13 Tahun di Bangka Barat Nyaris Jadi Korban Pemerkosaan Pria Paruh Baya

Stres pada Anak dan Remaja Jangan Disepelekan, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 November 2023 | 13:32 WIB
header img
Stres pada anak-anak dan remaja wajib untuk diketahui oleh orang tua, agar bisa mengambil cara untuk mengatasinya. Foto: UNICEF.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Anak-anak mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap kejadian buruk di lingkungannya. Budaya memengaruhi cara kita mengekspresikan emosi. Di beberapa budaya, misalnya, tidak pantas untuk menunjukkan emosi yang kuat seperti menangis dengan keras, sementara di budaya lain hal ini diterima secara luas. 

Beberapa tanda stres atau depresi mungkin tidak begitu jelas diperlihatkan anak bahkan remaja atau orang dewasa, sehingga mengesampingkan rasa stres dan depresi anak busa jadi akan berbuah penyesalan yang tidak dapat diperbaiki.

"Tahukah kamu? Selama masa stres dan krisis, anak-anak akan mengamati dan meniru perilaku dan emosi orang dewasa sebagai petunjuk bagaimana mengelola diri mereka sendiri"

Reaksi umum terhadap stres pada anak-anak sebagian besar hanya berlangsung dalam waktu singkat, dan merupakan reaksi normal terhadap peristiwa stres. Jika reaksi ini berlangsung dalam jangka waktu lama, anak mungkin memerlukan dukungan spesialis.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut