get app
inews
Aa Read Next : Erzaldi Ingatkan Jangan Dzalim

Muslim Harus Tahu, Inilah Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Sabtu, 24 Juni 2023 | 19:00 WIB
header img
Sebelum melakukan kurban, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri hewan kurban yang baik untuk dikurbankan. Simak ulasan tips memilih hewan kurban yang baik berikut ini. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

Perintah berkurban juga terdapat dalam Al Quran Surah Al-Hajj ayat 34, yang artinya:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah.”

Tips Memilih Hewan Kurban

1. Pastikan Hewan Ternak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan bahwa hewan yang akan dikurbankan tersebut adalah hewan ternak, seperti unta, kambing, domba, sapi, dan kerbau.

2. Umur Hewan Kurban

Umur hewan yang dikurbankan penting karena hewan kurban memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda. Jika ingin berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang minimal berumur 1 tahun. Sementara untuk sapi atau kerbau, umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun.

Cara mudah untuk mengetahui usia hewan kurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik. Selain itu, Anda juga dapat melakukan metode cek gigi hewan yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut