get app
inews
Aa Read Next : Erzaldi Ingatkan Jangan Dzalim

Muslim Harus Tahu, Inilah Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Sabtu, 24 Juni 2023 | 19:00 WIB
header img
Sebelum melakukan kurban, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri hewan kurban yang baik untuk dikurbankan. Simak ulasan tips memilih hewan kurban yang baik berikut ini. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Tips memilih hewan kurban yang baik, akan menjadi ulasan kita kali ini. Hewan kurban yang baik untuk dikurbankan pada saat Hari Raya Idul Adha, tentu saja menjadi keinginan semua umat muslim. Hanya saja, tidak semua orang memahami bagaimana ciri-ciri hewan yang baik utuk dikurbankan. Berikut ini ulasan singkatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Umat muslim di seluruh dunia akan menyambut salah satu hari besar, yakni Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban. Bagi umat muslim yang berencana akan berkurban, tak ada salahnya melakukan persiapan dalam memilih hewan kurban.

Berkurban sendiri hukumnya adalah sunah muakad atau sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang termaktub dalam hadist berikut ini.

“Barangsiapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat salat kami,” HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah.

Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya," HR. Ibn Majah dan Tirmidzi.

Perintah berkurban juga terdapat dalam Al Quran Surah Al-Hajj ayat 34, yang artinya:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah.”

Tips Memilih Hewan Kurban

1. Pastikan Hewan Ternak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan bahwa hewan yang akan dikurbankan tersebut adalah hewan ternak, seperti unta, kambing, domba, sapi, dan kerbau.

2. Umur Hewan Kurban

Umur hewan yang dikurbankan penting karena hewan kurban memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda. Jika ingin berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang minimal berumur 1 tahun. Sementara untuk sapi atau kerbau, umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun.

Cara mudah untuk mengetahui usia hewan kurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik. Selain itu, Anda juga dapat melakukan metode cek gigi hewan yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

3. Hewan Kurban Tidak Cacat

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Hewan ternak yang dipilih haruslah hewan ternak yang sehat cuping hidungnya basah, tetapi bukan karena flu. Selain itu lihat juga bulunya yang harus bersih dan mengkilap. Cek juga pernafasan dan juga detak jantungnya.

Ada baiknya ditanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut. Anda juga harus tahu hewan kurban menjadi tidak sah jika hewan tersebut mengalami buta sebelah atau jelas sekali kebutaanya. Jika tidak sah, maka hewan tersebut memiliki status sebagai daging biasa bukan menjadi kurban.

4. Hewan Kurban Tidak Kurus

Kondisi fisik dari hewan kurban juga perlu diperhatikan, dan pastikan calon hewan kurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam. Karena dengan nafsu makan yang baik dan lincah, otomatis kondisi hewan akan terlihat gemuk dan tidak seperti hewan yang memiliki penyakit.

5. Pemilihan Lokasi Pembelian Hewan Kurban

Pemilihan tempat Anda membeli hewan kurban, menjadi hal yang juga tak kalah penting. Yang wajib diperhatikan adalah jangan membeli hewan kurban yang di ternak di tempat pembuangan sampah. Hewan yang dijual di lokasi seperti ini, berpotensi hewan mengandung bahan berbahaya bagi tubuh yang nanti akan mengonsumsinya.

Pilihlah hewan kurban yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara, karena berpengaruh pada tingkat stres yang akan dialami oleh hewan yang berimbas pada kesehatan tubuhnya.

    Demikianlah tips memilih hewan kurban yang baik, semoga dapat menjadi ilmu dan pengetahuan bagi Anda yang pada tahun ini akan berkurban.

    Wallahu'alam

     

    Editor : Muri Setiawan

    Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
    iNews.id
    iNews Network
    Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut