get app
inews
Aa Read Next : Erzaldi Ingatkan Jangan Dzalim

Muslim Harus Tahu, Inilah Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Sabtu, 24 Juni 2023 | 19:00 WIB
header img
Sebelum melakukan kurban, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri hewan kurban yang baik untuk dikurbankan. Simak ulasan tips memilih hewan kurban yang baik berikut ini. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Tips memilih hewan kurban yang baik, akan menjadi ulasan kita kali ini. Hewan kurban yang baik untuk dikurbankan pada saat Hari Raya Idul Adha, tentu saja menjadi keinginan semua umat muslim. Hanya saja, tidak semua orang memahami bagaimana ciri-ciri hewan yang baik utuk dikurbankan. Berikut ini ulasan singkatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Umat muslim di seluruh dunia akan menyambut salah satu hari besar, yakni Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban. Bagi umat muslim yang berencana akan berkurban, tak ada salahnya melakukan persiapan dalam memilih hewan kurban.

Berkurban sendiri hukumnya adalah sunah muakad atau sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang termaktub dalam hadist berikut ini.

“Barangsiapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat salat kami,” HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah.

Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya," HR. Ibn Majah dan Tirmidzi.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut