get app
inews
Aa Read Next : Mengintip Implikasi Mega Korupsi Proyek Tambang Timah Terhadap Laju Ekonomi dan Potensi Kriminalitas

Kamu adalah Pikiran Kamu, Kalimat Motivasi Erzaldi untuk Kader HMI

Jum'at, 09 Juli 2021 | 08:01 WIB
header img
Gubernur Babel menjadi narasumber Latihan Kader II (LK-II) Intermediate Training Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Bangka Belitung Raya. (Foto: Humas)

Lebih jauh Erzaldi membuka wawasan peserta dengan membahas pepatah Inggris mengutip dengan mengutip quote Eleanor Roosevelt bahwa 'small minds discuss people, average minds discuss events, and great minds discuss ideas'. 

Maksudnya adalah, pikiranlah yang nantinya akan menumbuh kembangkan apa yang menjadi tujuan kita, karena pikiran akan membuat kebiasaan, dan kebiasaan akan menjadi karakter. 

"Garis besarnya, pikiran sempit hanya bisa membicarakan orang, sedangkan pikiran rata-rata membicarakan peristiwa, tapi jika pikiran kita hebat, kita akan bicara ide. Nah, mulai dari sekarang, seberapa besar kita membiasakan diri kita, terutama dalam komunitas ini, untuk berpikir bagaimana, karena kebiasaan tuntunan pikiranlah yang akan mendorong kita menjadi orang yang seperti apa," paparnya.

Dirinya mengatakan orang dengan pikiran sempit (small minds) selalu membahas gosip atau 'cerudik' istilah orang Bangka, sehingga orang tersebut justru tidak tahu bahwa dia tidak tahu. Tapi dengan pikiran yang besar, akan menjadikan kita orang hebat yang luar biasa.

"Jadikan komunitas ini sebagai bahan diskusi, kemudian praktikkan sehingga kita mampu memanage dan mengendalikan pikiran kita dengan pikiran yang besar," imbuhnya 

Di lain sisi, peserta secara antusias memborbardir gubernur dengan pertanyaan terkait tema. Peserta tidak melewatkan kesempatan untuk bertemu dengan pria peraih penghargaan Gerakan Revolusi Mental dari Kemenko PMK RI pada tahun 2019 yang lalu. 

Melalui forum diskusi, Lukman, salah satu peserta menanyakan tentang peran HMI dan peran pemerintah dalam menyikapi permasalahan kemaritiman dan sumber daya alam Bangka Belitung.

"Kita harus mempengaruhi masyarakat dengan cara yang benar dengan tujuan yang baik. Bangka Belitung memang kaya, tapi kita harus berusaha bagaimana memanfaatkan dan mengeksplor kekayaan Babel sehingga menjadi bermanfaat bagi banyak orang dan bukan segelintir orang. Betul jika harga timah besar, tapi belum memberikan dampak secara keseluruhan kepada masyarakat, dan hal ini jangan kita salahkan timahnya, melainkan diri kita sendiri karena tidak bisa menangkap peluang," jelas gubernur.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut