get app
inews
Aa Read Next : Festival Jiran Nusantara Memperkenalkan Pertunjukan Seni Budaya Lokal ke Generasi Milenial

Siapakah Pemilik Kopi Kenangan, Kopi Kekinian yang Diidolakan Milenial dan Pecinta Kopi

Selasa, 18 Oktober 2022 | 20:18 WIB
header img
Siapakah pemilik Kopi Kenangan yang bisa menggandeng Nicholas Saputra, sebagai salah satu bintang iklannya. Foto: net.

Dari pengalaman berjualan teh 'mahal' tersebut, Edward lalu mengamati tren bahwa rata-rata orang Indonesia suka ngopi. Dari situlah, ide untuk mendirikan Kopi Kenangan lahir. Edward pun mengajak James untuk membuat sebuah kedai kopi yang menjual kopi berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. 

 

 
Kisah Sukses James Prananto

Berangkat dari kegagalan, James Prananto bangkit dan mendirikan Kopi Kenangan bersama Edward Tirtanata. Bersama temannya, James membuka kedai Kopi Kenangan pertama di tahun 2017 dan mendapat sambutan yang cukup baik.

Kedai tersebut awalnya hanya menjual sekitar 700 cangkir kopi saja. Seiring berjalannya waktu, bisnis tersebut berkembang hingga berhasil menjual hingga 3 juta cangkir kopi tiap bulannya. Mulai dari situ, bisnis kopi tersebut mendapatkan pendanaan awalnya sebesar USD8 juta atau sekitar Rp114,8 miliar dari Alpha JWC Venture. 

Setelah mendapatkan suntikan dana tersebut, Kopi Kenangan semakin berkembang dan memiliki lebih dari 60 gerai. Pada Desember 2021 lalu, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan sebesar USD96 juta atau setara dengan Rp1,37 triliun dan menjadikannya sebagai bisnis F&B pertama di Asia Tenggara yang menyandang gelar Unicorn.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut