get app
inews
Aa Read Next : Bawa 84,38 Gram Sabu, Kurir Narkoba Asal Oki Sumsel Diringkus Ditresnarkoba Polda Babel di Basel

Macam-Macam Zat Adiktif, Ternyata Kopi dan Teh Termasuk

Selasa, 07 Maret 2023 | 20:30 WIB
header img
Kopi, salah satu contoh zat adiktif yang disadari atau tidak membuat seseorang tergantung. Sehari tidak minum kopi rasanya aneh. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Macam-macam zat adiktif, sangat penting untuk diketahui, agar kita bisa bijak dalam penggunaan, serta memahami bahaya jika mengkonsumsinya. Zat adiktif merupakan zat yang bisa menimbulkan adiksi atau ketergantungan yang sulit untuk dihentikan bagi penggunanya.

Sebagian besar orang mengira zat adiktif adalah obat-obatan terlarang seperti narkoba. Padahal, zat adiktif bukan hanya narkoba, tetapi benda yang mungkin kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, semisal kopi.

Penggunaan zat adiktif secara berlebihan akan membuat pemakainya ketergantungan. Jika penggunaannya dihentikan, biasanya akan memberi efek bagi tubuh si pemakai, seperti cepat lelah atau merasakan sakit luar biasa.

Menurut KBBI, adiktif artinya bersifat menimbulkan ketergantungan pada pemakainya.

Sementara menurut para ahli dan ilmuwan, zat adiktif adalah zat aktif yang jika dikonsumsi oleh organisme hidup, maka dapat mempengaruhi kerja biologis serta menimbulkan efek ketergantungan atau adiksi yang sulit dihentikan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut