get app
inews
Aa Read Next : Bawa 84,38 Gram Sabu, Kurir Narkoba Asal Oki Sumsel Diringkus Ditresnarkoba Polda Babel di Basel

Macam-Macam Zat Adiktif, Ternyata Kopi dan Teh Termasuk

Selasa, 07 Maret 2023 | 20:30 WIB
header img
Kopi, salah satu contoh zat adiktif yang disadari atau tidak membuat seseorang tergantung. Sehari tidak minum kopi rasanya aneh. Foto: Net.

2. Psikotropika

Psikotropika adalah zat adiktif yang menimbulkan stimulus atau rangsangan terhadap susunan saraf pusat. Penggunaannya hanya diperbolehkan untuk kalangan dunia medis dan riset atau penelitian.

Di dunia medis, psikotropika dipakai untuk pengobatan gangguan mental seperti depresi, gangguan tidur, gangguan kecemasan, hingga skizofrenia.

Dampak pemakaian psikotropika adalah dapat mengalami perubahan mental dan perilaku, menurunnya aktivitas otak, menimbulkan kelainan perilaku. 

Selain itu, pemakaian psikotropika akan mengakibatkan halusinasi, ilusi, gangguan cara berpikir, perubahan perasaan. 

Psikotropika dibagi menjadi 3 golongan, yakni:

Depresan
Depresan adalah zat atau obat yang berfungsi menekan susunan saraf pusat yang bila dikonsumsi dalam jumlah kecil dapat mengatasi cemas, sedangkan dalam dosis besar dapat menjadi obat tidur hingga bahkan menyebabkan amnesia. Contohnya: sedatin/pil BK, rohypnol, magadon, valium, mandrax (MX), dan benzodiazepin.

Stimulan
Stimulan (amfetamin) adalah zat atau obat sintetik yang digunakan untuk merangsang susunan saraf. Ada tiga jenis amfetamin, yaitu laevoamfeamin (benzedrin), dekstroamfetamin (deksedrin), dan metilamfetamin (metedrin). 

Golongan amfetamin yang banyak disalahgunakan adalah MDMA (3,4, metilan-di-oksi met-amfetamin) atau lebih dikenal dengan ekstasi dan metamfetamin (sabu-sabu).

Halusinogen
Halusinogen adalah zat atau obat yang dapat menimbulkan efek halusinasi, misalnya mendengar atau merasakan sesuatu yang sebetulnya tidak ada. 

Contoh halusinogen alami adalah ganja, kecubung, meskalin yang berasal dari kaktus Liphophora williamsii, dan psilocybin yang berasal dari jamur Psilocybe mexicana. Sementara, contoh halusinogen sintetis adalah lysergic acid diethylamide (LSD).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut