get app
inews
Aa Read Next : Kisah Obie Ardi dari Anggota DPRD Menjadi Napi, Kini Sukses Usaha Kuliner

Kisah Sukses Bos Kapal Api, Sempat Bekerja di Vulkanisir Ban dan Jualan Kopi Keliling Pakai Ontel

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:05 WIB
header img
Soedomo Mergonoto, Bos Kapal Api yang memulai karirnya berjualan kopi keliling menggunakan sepeda ontel. (Foto: beritalima.com)

 

Perjalanan Merintis Usaha

Go Soe Loet mulai merintis usaha warung kopinya di rumahnya, di daerah Pecinan, Surabaya. Tak semudah itu usaha yang baru dirintisnya untuk mendapatkan pelanggan. Ia memulai berjualan kopi dengan cara memanggul keliling kampung.

Semasa sekolah Soedomo mengaku sudah mulai bekerja di tempat orang satu tahun lamanya.  Pada perusahaan vulkanisir ban. Di sana Soedomo bertugas mengerok ban-ban bekas.  Selain itu, Soedomo juga mengaku pernah sempat bekerja sebagai kernet bemo untuk menambah penghasilan.

Selama setahun menjalani pekerjaan tersebut, kemudian barulah memasuki tahun 1967, Soedomo diminta membantu usaha kopi milik Ayahnya itu, dengan menjadi penjual. Dengan berkeliling kampung hingga pelabuhan Tanjung Perak dengan bermodalkan sepeda ontel untuk menjual kopi.

Memasuki tahun 1975, ayahnya berhasil membangun pabrik untuk usaha kopi miliknya. Pabrik tersebut berada di lokasi Sepanjang, Sidoarjo.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut