get app
inews
Aa Read Next : Kisah Obie Ardi dari Anggota DPRD Menjadi Napi, Kini Sukses Usaha Kuliner

Kisah Sukses Bos Kapal Api, Sempat Bekerja di Vulkanisir Ban dan Jualan Kopi Keliling Pakai Ontel

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:05 WIB
header img
Soedomo Mergonoto, Bos Kapal Api yang memulai karirnya berjualan kopi keliling menggunakan sepeda ontel. (Foto: beritalima.com)

Konflik Perpecahan Bisnis Kopi Hap Hoo Tjan

Dalam usaha pasti ada masa dimana jatuh bangun serta konflik, apalagi usaha kopi ini merupakan rintisan dari Go Soe Loet ( Ayah Soedomo) dan 2 saudaranya. Perbedaan pendapat memicu konflik dari usaha ini. Sampai ketika  Kopi Hap Hoo Tjan terpaksa harus tutup dan asetnya dibagi kepada ketiga bersaudara itu.

Dari pembagian aset itu Ayah Soedomo mendapat pabrik penggorengan kopi. Dan memutuskan untuk tetap melanjutkan usaha kopinya.

Dengan menggunakan aset milik ayahnya, pada 1979 Soedomo mulai merintis bisnis kopi yang hingga sekarang dikenal dengan Kapal Api. Dan berhasil mendirikan sebuah perusahaan Perseroan Terbatas yang diberi nama PT Santos Jaya Abadi. 

Kisah yang sangat menginspirasi dari perjalanan yang panjang seorang Bos Kapal Api. Bahkan hingga saat ini, kopi Kapal Api menjadi produk kopi yang banyak dikonsumsi masyarakat di tanah air. Berkat produknya tersebut, Soedomo Mergonoto kini dikenal sebagai seorang bos perusahaan kopi legendaris atau CEO dari PT Kapal Api Global, yang produknya dapat ditemui di mana-mana, tidak hanya di Indonesia, namun di seluruh dunia.

Kisah bos Kapal Api yang sangat menginspirasi hingga banyak membuka lapangan pekerjaan mampu mempekerjakan lebih dari 10 ribu karyawan yang tersebar di seluruh wilayah di tanah air.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut