Sidang Perintangan Penyidikan Kasus IUP Timah, Ini Jawaban Terdakwa Akhi Soal HP dan Dokumen

Muri Setiawan
Sidang lanjutan perkara dugaan perintangan penyidikan dengan terdakwa Toni Tamsil alias Akhi, di PN Kota Pangkalpinang, Kamis (17/7/2024). Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muri Setiawan.

Selain perkara HP, JPU juga mempertanyakan soal dokumen yang berada di mobil yang terparkir di rumah terdakwa.

"Saat penggeledahan, istri menelpon terdakwa sedang di rumah Jauhari, apakah terpikir dokumen akan ditemukan di mobil Swift?," ujar JPU.

"Saya tidak mikir sampai disitu, karena menganggap dokumen tidak berkaitan dengan timah, itu dokumen CV MAL. Kalau tau itu dokumen yang dicari, jelas saya tak izinkan disimpan di rumah saya," kata Akhi.

Sementara itu, Penasehat Hukum (PH) terdakwa juga mempertanyakan perihal dokumen-dokumen tersebut. Oleh terdakwa dikatakan, bahwa dirinya tidak mengetahui apa isi dokumen itu, dan tidak pernah membuka dokumen yang dimaksud.

"Saya gak pernah buka, nyentuh, baca-baca. Kuncinya (mobil) juga saya tidak tau. Malahan penyidik yang tau kuncinya di kaca depan," kata Akhi.

Akhi juga menceritakan terkait keberadaan dirinya saat peristiwa penggeledahan tanggal 24 Januari 2024 berlangsung. Termasuk perihal apakah ada dokumen milik Tamron alias Aon yagn disimpan di tokonya.

"Gak tau penyidik akan datang geledah rumah. Saya pagi-pagi tanggal 24 itu ada di toko sampai jam 10. Lalu ditelpon istri ada penyidik ke rumah, disuruh pulang. Saya menutup toko niatnya mau pulang. baru tau kalau toko digeledah setelah datang ke toko jam 5 sore. Gak mungkin ada barang Aon di toko. Karyawan saya 14, karyawan bisa ambil barang dimana saja, kapan saja. Mustahil ada barang itu di toko," kata terdakwa. 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network