Tetap Sehat dan Produktif di Bulan Puasa

Jurnalis Warga/ Chairul
Bulan puasa yang sedang kita jalani saat ini tentunya akan sangat mempengaruhi pola hidup bersih dan sehat kita pada hari biasa salah satunya seperti pola makan. Foto: Dok/Shutterstock.com

Tentunya pola seperti ini tidak sehat bagi kita yang malahan dapat memicu timbulnya masalah kesehatan usai melewati bulan puasa. Tentu tidak kita inginkan hal ini terjadi.

Sebaiknya tetap menjaga PHBS di bulan puasa agar ibadah dan aktifitas kita tetap lancar tidak terganggu dan tubuh tetap dalam kondisi prima sehat.

Beberapa treatment PHBS berikut ini dapat kita terapkan selama menjalankan bulan yang suci dan penuh ampunan ini.

Berbuka puasalah dengan selalu minum air putih dianjurkan tubuh mendapatkan 8-10 gelas setiap harinya agar menjaga dari dehidrasi,  dan juga mengawali makan-makanan yang manis dari buah-buahan seperti buah kurma.

Kemudian menu berbuka puasa dan menu pada saat sahur pastikan menu tersebut memenuhi kebutuhan gizi seimbang yang terdiri dari makanan pokok (nasi, jagung, atau roti), lauk-pauk (ikan, ayam, telur, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan lainnya), sayuran dan buah-buahan yang beragam.

Menghindari makanan yang asin dan berlemak pada saat makan sahur dan berbuka puasa sangat penting dilakukan juga berguna untuk mencegah datangnya penyakit tidak menular tertentu.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network