Tetap Sehat dan Produktif di Bulan Puasa

Jurnalis Warga/ Chairul
Bulan puasa yang sedang kita jalani saat ini tentunya akan sangat mempengaruhi pola hidup bersih dan sehat kita pada hari biasa salah satunya seperti pola makan. Foto: Dok/Shutterstock.com

POLA Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) umumnya sebagai bentuk perilaku kesadaran keluarga dan diri sendiri untuk menolongnya terhadap kesehatan dan mencegah dari segala bentuk penyakit dalam aktivitas masyarakat.

Umumnya PHBS memiliki 10 (sepuluh) indikator dalam penerapannya yakni, lakukan persalinan di fasilitas kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang balita setiap bulan, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan menggunakan sabun, memberantas sarang nyamuk minimal seminggu sekali, menggunakan jamban sehat, dan tidak merokok.

Bulan puasa yang sedang kita jalani saat ini tentunya akan sangat mempengaruhi pola hidup bersih dan sehat kita pada hari biasa salah satunya seperti pola makan.

Tak jarang kondisi di bulan puasa sering membuat kita mengalami berbagai masalah kesehatan tertentu apabila mengabaikan PHBS.

Diantara masalah kesehatan yang paling sering muncul dan kita rasakan saat berpuasa seperti mudah lelah, sering mengantuk, tubuh terasa lemas, tenggorokan kering, dan sebagainya itu karena diantaranya disebabkan tubuh kekurangan serat, air, dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan.

Setiap permasalahan kesehatan yang muncul tidak mesti kita jadikan alasan untuk bermalas-malasan, enggan bekerja dan beraktifitas, berbaring-baring dirumah, dan tidur sepanjang hari. 

Kita juga sering melakukan kebiasaan buruk lainnya dibulan puasa seperti makan sahur terlalu banyak, berbuka puasa berlebihan, dan tidak memperhatikan kandungan gizi seimbang serta mengabaikan makan sayur dan buah.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network