get app
inews
Aa Read Next : Cara Menjaga Kesehatan Mata, Lengkap degan Langkah-Langkah Senam Mata

Jauhi PTM dengan Menerapkan Gaya Hidup Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 15:32 WIB
header img
Chairul Aprizal, SKM, Penyuluh Kesehatan Masyarakat Bidang Promosi Kesehatan, UPT Puskesmas Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan. (Foto: Dokumen Pribadi)

PENYAKIT Tidak Menular (PTM) seringkali disebut-sebut sebagai penyakit langganan orang kaya atau orang yang ekonominya menengah keatas. Tentu tidak salah ketika dikatakan demikian tapi tidak menjadi mutlak bahwa penyakit tidak menular ini juga menjadi langganan masyarakat biasa yang ekonominya menengah kebawah.

Pasalnya penyakit tidak menular ini seringkali disebabkan oleh gaya hidup manusia yang tidak sehat. Coba kita kenali dulu beberapa jenis PTM yang berbahaya atau angka kematiannya tinggi.

Penyakit Jantung atau penyakit kardiovaskular termasuk jenis penyakit yang mematikan di dunia. Penyakit ini biasanya memiliki hubungan dengan kondisi malnutrisi seperti obesitas, dan darah tinggi.

Penyakit jantung yang sering kita dengar seperti penyumbatan atau penyempitan akibat adanya penumpukan plak yang membuat jantung tidak mendapatkan saluran darah yang cukup.

Gangguan penyumbatan ini bisa juga disebabkan karena merokok. Bahan kimia berbahaya didalam rokok diyakini merusak dan membuat penyempitan di pembuluh darah. Sebab lainnya karena banyak mengonsumsi makanan berlemak, lemak jenuh yang dikonsumsi membuat kolesterol meningkat sehingga berpeluang mengakibatkan penyumbatan di pembuluh darah.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut