Contoh Puisi tentang Pendidikan, Lengkap dengan Pembagian Jenisnya

Muri Setiawan/ Net
Contoh puisi tentang pendidikan berikut ini akan menjadi referensi kamu dalam mengerjakan soal pelajaran Bahasa Indonesia yang ditugaskan guru di sekolah. Foto: Ilustrasi orang membaca puisi/ net.

JAKARTA, lintasbabel.id – Contoh puisi tentang pendidikan berikut ini akan menjadi referensi kamu dalam mengerjakan soal pelajaran Bahasa Indonesia yang ditugaskan guru di sekolah. Puisi, salah satu karya sastra ungkapan isi hati dari penulisnya dengan berbagai tujuan.

Puisi banyak ditemui pada karya-karya sastra. Namun, saat ini banyak yang menggunakan puisi untuk menghibur, baik itu dalam acara televisi, radio, gombalan, dan masih banyak lagi.

Bagi pemerhati karya sastra, tulisan seperti puisi merupakan sesuatu yang dapat memberikan kenikmatan dan ketenangan dalam hidup. 

Menurut KBBI, puisi adalah ragam sastra dengan penggunaan bahasa yang masih terikat oleh matra, irama, penyusunan larik, bait, atau rima. Arti puisi lainnya adalah sebagai sebuah sajak dalam bahasa atau gubahan, di mana bentuknya dapat ditata dan dipilih dengan cermat.

 

Klasifikasi Puisi

Secara umum, puisi terbagi menjadi 3 yaitu puisi lama, puisi baru, dan puisi kontemporer.

1. Puisi Lama

Puisi lama adalah puisi yang dihasilkan sebelum abad ke-20. Puisi lama juga terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Pantun, Mantra, Karima, Seloka, Gurindam, Syair, dan Talibun.

2. Puisi Baru

Puisi baru adalah puisi yang isinya lebih bebas dari puisi lama, baik itu dari jumlah baris, rima, maupun suku kata. Ada pun jenis puisi baru adalah Balada, Hymne (Gita Puja), Ode, Epigram, Romansa, Elegi, Satire, Diskotik, Terzina, Kuatren, Sektet, Septima, Oktaf atau Stanza, dan Soneta.

 3. Puisi Kontemporer

Puisi kontemporer merupakan jenis puisi yang berusaha keluar dari ikatan konvensional. Puisi jenis ini selalu berusaha menyesuaikan perkembangan zaman dan tidak mementingkan irama, gaya bahasa, rima, dan lainnya yang ada pada puisi lama maupun puisi baru.

Adapun klasifikasi puisi kontemporer adalah Puisi Mantra, Puisi Mbeling, dan Puisi Konkret.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network