Pemerintah Stop Subsidi Pupuk untuk Sawit

Rizki Ramadhani
Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Sri Mulyono Basuki. Foto/Istimewa

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Nasib petani buah sawit di Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kian merana. Setelah turunnya harga tandan buah segar (TBS), pemerintah kini mencabut pupuk bersubsidi untuk sawit.


Tumpukan buah kelapa sawit yang sudah beberapa hari tidak laku dijual milik warga Kelapa Kampit, Rabu (11/5/2022). (Foto: lintasbabel.id/ Suharli)

 

Hal ini berdasarkan dengan Peraturan Kementerian Pertanian (Permentan) nomor 10 tahun 2022 tentang penghapusan pupuk subsidi untuk perkebunan kelapa sawit. 

Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat Sri Mulyono Basuki menyampaikan pemerintah hanya mengalokasikan pupuk subsidi ke perkebunan kopi, tebu dan kakao. 

"Perkebunan yang dapat alokasi pupuk subsidi itu, hanya tebu, kopi, kakao. Sementara untuk karet, sawit, dan lada tidak dialokasikan lagi pupuk subsidi. Peraturan tersebut mulai berlaku pertengahan tahun 2022 ini. Berarti mulai bulan depan tidak ada lagi pupuk subsidi untuk petani sawit, karet dan lada," ungkap Sri Mulyono Basuki, Jumat (15/7/2022). 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network