get app
inews
Aa Read Next : Polda Babel Tanam 1.870 Kayu Putih di lahan Eks Tambang Area Bandara

Ramai Isu Organisasi Profesi Wartawan Main Tambang Timah, IJTI Babel Minta Dibuka ke Publik

Jum'at, 29 Maret 2024 | 23:48 WIB
header img
Ratusan warga Desa Batu Beriga membawa spanduk penolakan rencana penambangan Timah oleh PT. Timah. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Informasi rencana aktifitas tambang timah rakyat di kawasan perairan Tanjung Berikat, Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyeret organisasi profesi jurnalis (wartawan). Dikabarkan bahwa ada organisasi profesi wartawan yang ikut terlibat dalam kegiatan penambangan yang belakangan ditentang oleh masyarakat setempat.

Terkait tudingan atas keterlibatan organisasi profesi wartawan/jurnalis dalam rencana penambangan bijih timah di kawasan perairan Tanjung Berikat tersebut, Ketua pengurus daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Bangka Belitung (Babel), Joko Setyawanto meminta pihak yang melemparkan isu tersebut agar membuka lembaga atau organisasi profesi tersebut.

Joko menegaskan bahwa isu tersebut setidaknya membuat organisasi profesi wartawan menjadi tercemar, yang berujung pada tidak kredibel dan profesionalnya organisasi itu.

"Kami minta agar isu ini dibuka ke publik, organisasi mana yang dimaksud. Karena IJTI juga organisasi profesi wartawan, jangan sampai isu ini membuat kita para wartawan televisi ikut-ikutan terdampak, yang ujungnya masyarakat tidak lagi percaya," kata Joko, Jumat (29/3/2024). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut