get app
inews
Aa Read Next : Bawa 84,38 Gram Sabu, Kurir Narkoba Asal Oki Sumsel Diringkus Ditresnarkoba Polda Babel di Basel

Sangar, Negara ini Punya Geng Narkoba yang Bersenjata Lengkap Melebihi Polisi dan Tentara

Senin, 04 Maret 2024 | 08:33 WIB
header img
Organisasi sindikat kejahatan Meksiko, CJNG (Cartel de Jalisco Neuva Generacion) atau Kartel Generasi Baru Jalosco. Foto: Net.

MEXICO, Lintasbabel.iNews.id - Tentara dan Polisi Mexico bisa jadi minder melihat perlengkapan dan senjata yang dimiliki oleh geng narkoba alias kartel di negaranya. Tidak hanya bersenjata lengkap, geng ini juga memiliki kendaraan lapis baja atau armour serta seragam yang hampir menyerupai pasukan elit.

Adalah organisasi sindikat kejahatan Meksiko, CJNG (Cartel de Jalisco Neuva Generacion) atau Kartel Generasi Baru Jalosco, sebuah komplotan penjahat yang memproduksi dan memperdagangkan narkotika dalam skala besar serta terkenal dengan reputasi kekejamannya, seakan punya hukum sendiri di Mexico. 

Awalnyan kelompok ini merupakan sempalan dari Kartel Milenio yang bersekutu dengan Kartel Sinaloa. Perpecahan Kartel Milenio atau Cartel de los Valencia (Kartel Keluarga Valencia) sendiri dipicu oleh penangkapan Juan Carlos Nava Valencia yang merupakan pemimpinnya pada 6 Mei 2010 di kawasan Guadalajara dalam sebuah operasi militen angkatan darat Mexico.

CJNG yang didirikan oleh Nemesio Oseguera Cervantes, Emilio Alejandro Pulido Saldaña, Martín Arzola Ortega, dan Erick Valencia ini sempat menjadi sayap militer Kartel Sinaloa sebelum akhirnya berdiri sendiri dan akhirnya bermusuhan dengan kartel Sinaloa.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut