get app
inews
Aa Read Next : Bawa 84,38 Gram Sabu, Kurir Narkoba Asal Oki Sumsel Diringkus Ditresnarkoba Polda Babel di Basel

Sangar, Negara ini Punya Geng Narkoba yang Bersenjata Lengkap Melebihi Polisi dan Tentara

Senin, 04 Maret 2024 | 08:33 WIB
header img
Organisasi sindikat kejahatan Meksiko, CJNG (Cartel de Jalisco Neuva Generacion) atau Kartel Generasi Baru Jalosco. Foto: Net.

Kartel yang resmi berdiri pada 31 Agustus 2009 ini identik dengan tindakan agresif dan kekejamannya termasuk adanya aktifitas kanibalisme didalam organisasi ini. 

Untuk memuluskan aksi kejahatan dan teror kekejamannya, CJNG memiliki pasukan yang terlatih dan bersenjata lengkap, termasuk pelontar granat (RPG), kendaraan tempur lapis baja (armoured Vihicles), hingga drone tempur.

Tampilan personil sindikat inipun dilengkapi dengan seragam layaknya prajurit militer dari unit pasukan khusus. 

Selain menjadi.musuh polisi dan tentara Meksiko, CJNG juga sering terlibat pertikaian antar geng narkoba. Musuh-musuhnya dari sesama organisasi kejahatan, seperti kartel Sinaloa, kartel Tijuana, kartel Santa Rosa de Lima, dan sebagainya.

Pemerintah Meksiko sendiri sejak tahun 2020 telah menetapkan CJNG sebagai organisasi kriminal paling berbahaya. Hal ini didasarkan pada besarnya jumlah kasus kekerasan geng yang mencapai 298 kasus hanya dalam periode 2018-2020.

Meski sudah ditetapkan sebagai ancaman paling mendesak terhadap keamanan nasional Meksiko, hingga kini pemerintah setempat belum juga berhasil menghancurkan sindikat yang memiliki pasukan antara 6 ribu hingga 20 ribu personil terlatih ini.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut