get app
inews
Aa Read Next : Fasilitasi Mahasiswa, Herman Suhadi Kirim Surat Resmi ke Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Babel

DPRD Babel Terima Kunjungan Badan Kehormatan DPRD Sumatera Selatan

Kamis, 20 Januari 2022 | 04:03 WIB
header img
Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumatera Selatan berkunjung, sekaligus bertukar pikiran bersama Sekretariat DPRD Kepulauan Bangka Belitung (Babel). (Foto: Sekretariat DPRD Babel)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumatera Selatan berkunjung, sekaligus bertukar pikiran bersama Sekretariat DPRD Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terkait peran aktif Badan Kehormatan masing-masing instansi dan Penyebarluasan Peraturan Daerah.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kabag Risalah Sekretariat DPRD Babel Rudi M.Si, Kepala Biro Hukum Pemprov Kepulauan Babel Syaifuddin S.H, Kabag Fasilitasi, Penganggaran dan Kepengawasan Sekretariat DPRD Bangka Belitung Eko Sentosa, di Ruang Banmus DPRD Babel, Selasa (18/1/2022).

Ketua BK DPRD Sumatera Selatan, Dr Ir H Syamsul Bahri diawal pembukaan diskusinya mengatakan bahwa BK merupakan alat perlengkapan DPRD menjaga kode etik, marwah dan kedisiplinan DPRD itu sendiri. Saat diamanahkan sebagai Ketua BK, ia menyampaikan belum banyak perkara hukum khusus di internal DPRD, harapannya kondisi ini dapat terus terjaga.

"Alhamdulillah selama menjabat, belum ada ditemukan kasus yang ditangani, hanya ada satu kasus yang dapat ditangani melalui verifikasi laporan. Laporan dapat berupa internal dan eksternal atau dari masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Kedepan, usai menerima masukan dari hasil diskusi ini pihaknya akan memikirkan ruang kerja BK lebih khusus begitupun perlengkapan bagi Ketua dan Anggota BK lainnya sebagaimana yang dipraktekkan oleh hakim pada umumnya saat menyelesaikan suatu perkara hukum. Semisalnya, memiliki ruangan BK tersendiri, memiliki toga persidangan. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka menjaga fungsi strategis BK.

Tidak hanya itu, pihaknya pun menerima masukan terkait formulasi program penyebarluasan peraturan daerah yang telah dilaksanakan oleh DPRD di beberapa provinsi termasuk bangka belitung. Program ini dinilai kegiatan positif untuk menambah kegiatan anggota dewan terhadap konstituen.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut