get app
inews
Aa Read Next : MK Tolak Gugatan PSI, Batas Usia Minimal Capres Cawapres Tetap 40 Tahun

Digugat Din Syamsuddin ke MK, Pansus UU IKN: Kami Tidak Akan Menghalangi dan Intervensi

Kamis, 27 Januari 2022 | 17:59 WIB
header img
Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin berencana mengajukan uji materi Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) ke Mahkamah Konstitusi (MK). (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA, lintasbabel.id - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin berencana mengajukan uji materi Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini ditanggapi santai Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN.

"Terbuka ruang untuk masyarakat melakukannya (uji meteri), dan langkah tersebut merupakan hak rakyat yang dijamin UU. Sebagai negara hukum itu dibenarkan oleh konstitusi. Kami tidak akan menghalangi dan melakukan intervensi pada pihak manapun yang menggugat hasil kerja DPR bersama pemerintah dalam menyepakati UU IKN," kata anggota Pansus RUU IKN DPR, Guspardi Gaus, Rabu (26/1/2022). 

Saat membahas dan membuat UU IKN, politikus PAN ini menegaskan, DPR selalu berpedoman dan mengacu pada UU No. 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (UU P3) dan mekanisme pembahasan RUU IKN juga dilakukan dengan sangat terbuka. 

Bahkan, sambung Guspardi, DPR dan pemerintah juga melakukan RDPU dengan para pakar sesuai dengan keahlian di bidangnya, yang dilakukan selama 5 hari dalam rangka keterbukaan dan melibatkan masyarakat. 

"Jadi kami membahas UU IKN itu tidak tertutup, melainkan secara terbuka, transparan dan memberikan ruang untuk dikritisi, masukan dan saran,” kata anggota Badan Legislasi DPR ini. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut