get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Babel Ekspor Porang Senilai Rp10 Miliar ke 4 Negara

Jum'at, 29 September 2023 | 15:24 WIB
header img
Provinsi Babel mengekspor Porang ke 4 negara dengan total nilai Rp10 miliar. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang ekspor sejumlah komoditas pertanian senilai Rp10 miliar ke 4 negara di Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang. 

Komoditas dilepas dengan acara bertajuk Let's Go Ekspor yaitu  Chips Porang, Light Berries White Pepper, Palm Kernel Expeller serta Lada Biji. dengan tujuan Cina, India, Thailand dan Vietnam.

Kepala Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, Herwintarti mengatakan melalui ekspor ini Karantina Pertanian Pangkapinang sukses mendorong terwujudnya ekspor perdana Keripik Porang sejumlah 25 Ton ke Negeri Tirai Bambu. 

"Giat pelepasan ekspor diadakan secara langsung di Pelabuhan Pangkalb alam, Pangkalpinang. Sejalan dengan hal tersebut, sesuai Arah Presiden Joko Widodo saat mengunjungi ebuah Pabrik Porang di Jawa Timur pada tahun 2021 silam bahwa komoditas Porang akan menjadi “makanan masa depan” yang rendah kalori, rendah karbon dan juga rendah kadar gula,” kata Herwintarti. 

Sehingga, kata Herwintarti, bagi Kementerian Pertanian serta lembaga terkait untuk dapat mendorong produksi  Porang nasional agar dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, baik dari sisi konsumsi dan juga sebagai indikator pendorong pertumbuhan ekonomi salah satunya melalui ekspor. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut