get app
inews
Aa Read Next : Peluit Pelanggaran Senyap, Apakah Pilkada akan Ikut Serta Lenyap??

Kohati dan Indonesia

Minggu, 17 September 2023 | 09:59 WIB
header img
Penataran Kohati tingkat Nasional Cabang Bangka Belitung Raya. Foto: Istimewa/ Dok. Pribadi.

APAKAH kamu sudah menjadi kohati sejati? Yaaa, sering terdengar di telinga sebutan nama lembaga ini, sejak tahun 1966 berdirinya KOHATI sampai pada hari ini menjadi perjalanan panjang bagi negeri “Bhineka Tunggal Ika”. Kohati telah mewarnai dunia kemahasiswaan dengan karya-karya dan buah pikiran yang seluruhnya dikerahkan untuk Indonesia.

Kembali pada sejarah berdirinya Kohati, jauh sebelum lahirnya KOHATI, pada tahun 1955-1965 seluruh HMI-Wati dibawah naungan Departemen Keputrian yang dibentuknya Departemen ini karena adanya semangat keislaman yang tinggi pada HMI-Wati, kemudian semangat emansipasi wanita yang membawa keberhasilan pada berbagai aspek, semangat persatuan yang didasarkan rasa senasib dalam memperjuangakan kemerdekaan fisik maupun spiritual para wanita Indonesia, adanya rasa tanggung jawab yang besar dalam membangun masyarakat, HMI-Wati yang memiliki cita-cita mulia membutuhkan wadah untuk bersama-sama berjuang di bidang keperempuanan serta Hmi sendiri membutuhkan massa yang besar dalam segala aspek perjuanagan salah satunya bidang keperempuanan.

Kohati berdiri tidak terlepas dari perjuangan negara Indonesia dalam memperjuangkan Indonesia dari awal kemerdekaan hingga sekarang ini.

Dengan seiringnya waktu berjalan, kepengurusan berganti dari zaman ke zaman yang kemudian Departemen Keputrian tidak mampu lagi menampung aspirasi seluruh HMI-Wati lingkup nasional, hingga didirkanalah Kohati. Hal inilah yang menjadi latar belakang adanya Lembaga Kohati “KOHATI” singkatan dari KORP HMI-WATI.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut