get app
inews
Aa Read Next : Nobar di Sekolah, Guru dan Siswa Ungkap Bunga adalah Sosok yang Tekun dan Rajin

Siapa Penggagas Paskibraka, Sosok Menginspirasi yang Jarang Diceritakan Kini

Selasa, 08 Agustus 2023 | 19:30 WIB
header img
Tidak banyak yang mengetahui siapa penggagas Paskibraka. Berikut ini ulasannya. Foto: Ilustrasi Paskibraka.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Siapa penggagas Paskibraka menarik untuk diulas. Terlebih saat ini, sedikit sekali dari warga Indonesia yang mengetahui sosok dibalik Paskibraka, yang selalu hadir di saat Upacara Kemerdekaan RI.


Anggota Paskibraka sukses mengibarkan Sang Saka Merah Putih saat Upacara Pengibaran Bendera di Halaman Kantor Bupati Bangka, Selasa (17/8/2021). Foto: Dinkominfotik/ A. Mangatas.
 

Dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, terdapat tokoh-tokoh yang memiliki peran penting dalam membentuk semangat nasionalisme dan patriotisme. Salah satu tokoh yang patut dikenang adalah Penggagas Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka), serta sosok yang memiliki berbagai percapaian dan karya inspiratif.

Siapa Penggagas Paskibraka

Penggagas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka adalah Husein Mutahar. Husein Mutahar, atau akrab disapa Kak Mut, lahir pada 5 Agustus 1916 di Semarang. Ayahnya, Sayyid Salim bin Ahmad bin Salim al-Mutahar, memberikan pengaruh besar dalam membentuk karakter dan semangatnya dalam berjuang. 

Meskipun tidak menikah, Kak Mut memiliki delapan anak angkat, menunjukkan kepeduliannya terhadap generasi muda Indonesia. Pendidikan awal Kak Mut dimulai di Europeesche Lagere School, dan ia juga mempelajari Al-Quran dari Encik Nur. 

Setelahnya, ia melanjutkan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lager Ondereijws (MULO) dan memperdalam agamanya dengan belajar kepada Kyai Saleh. Kemudian, ia memfokuskan diri pada bahasa Melayu dan sastra timur di Algemene Middelbare School, Yogyakarta. 

Walaupun tidak menyelesaikan pendidikan formalnya, ia mengambil keputusan penting untuk terlibat dalam gerakan revolusi nasional demi kemerdekaan Indonesia.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut