get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa KKN-MB IAIN SAS Babel Meriahkan Maulid Nabi di Masjid Al-Huda Desa Tanjung Binga Belitung

Inilah Negara yang Paling Banyak Dihuni Keturunan Nabi Muhammad

Kamis, 13 Januari 2022 | 18:26 WIB
header img
Habib-habib ulama Indonesia keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Istimewa/Sindonews)

Para Habaib yang menetap di Indonesia dan keturunananya menjadi warga negara Indonesia (WNI) mayoritas adalah keturunan Sayyidina Hussein bin Ali. Menurut lembaga pencatat nasab dan silsilah para Habib di Indonesia, Ar-Rabithah Alawiyah, ada sekira 20 juta orang di seluruh dunia yang menyandang gelar Habib dari 114 marga.

Dai yang belajar Tafsir Alquran dan Hadits di Universitas Al-Azhar Cairo, Ananda Alhafidz, dilansir dari Quora mengatakan, bagi kalangan Sayyid, nama Zein Umar bin Smith tidak asing lagi. Beliaulah ketua umum organisasi pencatat keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam di Indonesia bernama Rabithah Alawiyah.

Bagi Anda yang tergolong Sayyid atau segaris keturunan Nabi, lembaga inilah yang bakal mengeluarkan buku nasab (keturunan) Nabi. Buku ini semacam sertifikat yang isinya silsilah keluarga dalam aksara Arab gundul yang jika dirunut ke atas bakal bertemu dengan Sayyidah Fatimah Az-Zahra, putri Rasulullah.


Asal Mula Habib di Indonesia

Sebagaimana diungkapkan Habib Zein bin Umar, anak keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang ada di Indonesia berasal dari Hadhramaut Yaman lewat Muhammad al Faqih Muqaddam bin Muhammad Shahib Mirbath. Keturunan Nabi yang pindah ke Hadhramaut dari Basrah ialah Ahmad al Muhajir (generasi ke-8 dari keturunan Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra).

Beliau pergi bersama keluarganya. Sementara saudaranya, Muhammad bin Isa, tetap di Irak di masa pemerintahan Khalifah Abbassiyah. Sebelum ke Yaman, Zurriyah Nabi yang lebih dikenal Al Imam Ahmad bin Isa ini semula hijrah ke Madinah dan Makkah, sekira tahun 896 Masehi, di dekat makam buyutnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut