get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa KKN-MB IAIN SAS Babel Meriahkan Maulid Nabi di Masjid Al-Huda Desa Tanjung Binga Belitung

Inilah Negara yang Paling Banyak Dihuni Keturunan Nabi Muhammad

Kamis, 13 Januari 2022 | 18:26 WIB
header img
Habib-habib ulama Indonesia keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Istimewa/Sindonews)

KETURUNAN Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam disebut dengan Dzurriyatun Nabi (Zuriyah Rasul). Banyak orang mengatakan keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam banyak terdapat di Yaman, sebuah negara di Jazirah Arab yang berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang Arab dan Dzurriyah Nabi, termasuk di Indonesia, sebagian besar berasal dari negara ini.

Benarkah Yaman adalah negara yang paling banyak dihuni keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam?

Yaman dikenal sebagai kampungnya Dzuriyyah Nabi karena di negara ini anak cucu keturunan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam paling banyak bermukim dan mengemban misi dakwah. 
Dzurriyah Nabi atau dikenal dengan istilah Habib ini melekat pada Hadhramaut, sebuah wilayah di Yaman Selatan.

Menurut Habib Zein bin Umar, orang-orang Hadhramaut Yaman dari golongan Sayyid datang ke Nusantara lewat Muhammad al Faqih Muqaddam bin Muhammad Shahib Mirbath. Merunut silsilah dan sejarah keluarga, keturunan Nabi yang pindah ke Hadhramaut dari Basrah ialah Ahmad al Muhajir (generasi ke-8 dari keturunan Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra).

Di Indonesia, anak cucu keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ini biasa dijuluki Habib (Habaib untuk jamak), Syed atau Sayyid. Sedangkan untuk perempuan biasanya dipanggil Syarifah atau Sayyidah.

Diketahui bahwa Habib dalam bahasa Arab bermakna orang yang dicintai. Julukan ini cukup populer di kalangan orang Indonesia dan Malaysia sebagai sebutan untuk keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam melalui nasab dari Sayyidah Fathimah az-Zahra (putri Nabi Muhammad) dan suaminya Ali bin Abi Thalib.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut