get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Ribuan Warga Sambut Meriah Perayaan Imlek di Pangkalpinang

Minggu, 22 Januari 2023 | 01:02 WIB
header img
Umat Konghucu sembahyang di Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang di malam Imlek 2574 Kongzili, Sabtu (21/1/2023). Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Ribuan warga sambut meriah perayaan Imlek di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (21/1/2022) malam. Kegiatan dipusatkan di Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang. 

Sejak sore hari, warga Tionghoa keturunan silih berganti masuk ke dalam kelenteng untuk berdoa memohon kebaikan di tahun baru dan bersyukur atas limpahan rezeki di tahun lalu. 

Tepat pukul 23.15 WIB mereka lalu menyalakan lilin berbagai ukuran yang tersusun rapi di setiap sudut ruang kelenteng. Setelahnya mereka melakukan doa bersama memohon kepada Dewa Dewi untuk tahun depan diberikan keberkahan, kelancaran rezeki dan kebaikan. 

Ketua Yayasan Kelenteng Kwan Tie Miau Hendry Kurniawan mengatakan, selain sembahyang rutin sambut tahun baru Imlek 2574 Kongzili, digelar pula pertunjukan barongsai persis di depan kelenteng. 

Ribuan warga berbagai etnis berbaur menyaksikan atraksi memukau barongsai. 

"Sembahyang satu hari sebelum Imlek sebagai awal permohonan di tahun yang baru. Umat di kelenteng ini sejak subuh sudah silih berganti sembahyang memohon kebaikan, keselamatan, kesehatan dan wujud rasa syukur," kata Hendry. 

Warga Tionghoa keturunan menyalakan lilin di dalam kelenteng saat malam tahun baru Imlek 2574. Foto : Lintasbabel.iNews.id/ Haryanto. 

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut