get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Sisi Gelap Euforia Perayaan HUT ke-22 Bangka Belitung, Sudahkah Rakyat Berdaulat?

Senin, 21 November 2022 | 19:00 WIB
header img
Okta Renaldi, Ketua BEM IAIN SAS Babel. Foto: Istimewa

Bertepatan di tahun 2022 ini, Provinsi Kepulauan Babel merayakan hari jadinya yang ke-22 tahun. Dibalik euphoria perayaan hari jadinya, Bangka Belitung mengusung tema Hijau Biru Babelku yang bermakna hidup berbahagia dan bergembira, dan dalam hal tersebut selaras juga dengan filosofi daerah Bangka Belitung, yang ditandai dengan kekayaan alam baik di darat maupun di laut. Daratannya yang subur, serta lautnya yang indah nan mempesona.

"Subur dengan kerusakan lingkungannya, dan juga laut yang mempesona dengan pemandangan ketem besinya (kapal isap_red),” kata Ketua BEM IAIN SAS Babel, Okta Renaldi, dalam keterangan persnya, Senin (21/11/2022). 

Dalam catatan geografis, Kepulauan Babel memiliki luas daratan dengan total 16.424,6 Km². Dari luas daratan tersebut, terdapat beberapa bagian yang diisi oleh kelapa sawit dengan luas wilayah hak guna usaha (HGU) 134.709 hektar (Ha), dimana luas perkebunan kelapa sawit milik swasta 136.274 hektar (Ha), perkebunan plasma perusahaan yang dikelola oleh rakyat memiliki luas total 13.442 hektar (Ha). Sedangkan luas perkebunan yang dikelola oleh rakyat milik pribadi 75.734 hektar (Ha).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut