get app
inews
Aa Read Next : Remaja di Pangkalpinang Diserang Orang tak Dikenal Pakai Senjata Tajam saat Beli Mei Instan

Siapa Pemilik Indomie? Makanan Sejuta Umat yang Paling Populer

Minggu, 03 Juli 2022 | 00:05 WIB
header img
Indomie, mie instan makanan sejuta umat. (Foto: ist)

Sejarah Indomie hingga Menjadi Makanan Sejuta Umat

Pada awalnya, Indomie tidaklah diproduksi oleh Indofood CBP milik Anthoni Salim. Kemunculan Indomie pertama kali justru diprakarsai oleh empat pengusaha Tionghoa asal Medan melalui sebuah perusahaan bernama Sanmaru Food Manufacturing Co Ltd yang didirikan pada April 1970. Keempat pengusaha ini antara lain Djajadi Djaja Chow Ming Hua, Wahyu Tjuandi, Ulong Senjaya, dan Pandi Kusuma. 

Indomie yang merupakan singkatan dari ‘Indonesia Mie’ kemudian diproduksi pertama kalinya pada 1972. Produk Indomie pertama yang diproduksi adalah Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam.

Meski di awal kemunculannya banyak yang meragukan bahwa Indomie bisa menjadi salah satu bahan pangan pokok, namun mi instan ini rupanya mudah diterima masyarakat Indonesia dan banyak diminati. hal ini karena beberapa kelebihan yang ditawarkan seperti harga yang terjangkau, mudah disajikan, dan awet.

Ketenaran Indomie semakin melejit, apalagi setelah muncul varian Indomie Mi Goreng pada 1983 yang menjadi favorit masyarakat. Satu tahun kemudian, yakni pada 1984, Sanmaru Food Manufacturing pun dibeli oleh PT Sarimi Asli Jaya yang memproduksi merek Sarimi.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut