Tayangan Lebih Berkualitas, Kadiskominfo Babel Ajak Masyarakat Migrasi ke Siaran TV Digital 

Muri Setiawan
Ketua Pengda IJTI Babel Joko Setyawanto, Ketua KPID Babel M.Adha Al Kodri, dan Kadis Kominfo Babel Sudarman, saat menjadi narasumber talkshow In Radio. (Foto: Humas)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Migrasi siaran televisi analog menuju digital, atau Analog Switch Off (ASO) merupakan suatu keharusan guna mewujudkan transformasi digital dalam ruang lingkup tata kelola penyiaran di Indonesia. 

Ada banyak manfaat dengan peralihan tersebut. Dijelaskan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Sudarman, dengan migrasi masyarakat akan mendapatkan siaran berkualitas dibandingkan siaran TV analog, dan kualitas tayangan yang bersih dikarenakan sudah tidak menggunakan sinyal UHF. 

"Dari sisi kuantitas tayangan, siaran TV digital lebih beragam, dan jangkauannya penyiaran bisa lebih luas," jelasnya saat menjadi narasumber dalam Talkshow di In Radio pada program Ku Cinta Babelku, Jumat (11/03/2022). 

Dalam acara yang bertema "Saatnya Migrasi Siaran TV Analog ke Digital" itu, Kadis Sudarman mengatakan jika pihaknya terus menggencarkan sosialisasi. Hal ini agar masyarakat semakin siap dengan peralihan dari siaran TV analog ke TV digital. 

Sosialiasi migrasi ke TV digital juga dikolaborasikan bersama dengan diskominfo kabupaten/kota, KPID Babel, dan pihak-pihak lainnya, karena kunci sukses migrasi ke siaran TV digital adalah pada sosialisasi kepada masyarakat. 

"Kami bersama-sama akan mendorong masyarakat dengan memberikan edukasi agar mereka tidak perlu khawatir dengan adanya migrasi tersebut," ungkapnya. 

Namun, ia berharap Pemerintah Pusat untuk segera menyusun regulasi terkait penyiaran sebelum migrasi ini diberlakukan, karena masih terdapat beberapa konten yang masih mengandung sisi negatif. 

"Kami juga akan memperkuat diskominfo dengan menghadirkan SDM yang berkualitas, yang paham dinamika digitalisasi media," katanya. 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network